Mengatasi Anak Takut dengan Guru di Sekolah

murid-takut-guruAda seorang anak berusia kelas 5 SD datang bersama orang tuanya ke klinik saya, mengeluhkan bahwa anak ini sudah satu bulan tidak masuk sekolah karena merasa takut dengan seorang guru yang ada disekolah itu. Entah apa yang membuat anak ini takut, tapi orang tuanya telah mendatangai sekolah untuk berkomunikasi dengan pihak sekolah mengenai ketakutan anaknya, tapi pihak sekolah merasa tidak ada yang salah dengan guru-guru yang ada disekolah tersebut.

Itu artinya, anak tersebut sendiri yang memunculkan masalah memunculkan ketakutanĀ  terhadap dirinya sendiri. Karena itulah, orang tuanya datang menemui saya untuk mencoba mengatasi masalah anaknya. Jika kita perhatikan kasus anak itu, maka saya rasa banyak juga dari anak-anak lain yang mengalami ketakutan seperti itu, dimana seorang anak mungkin akibat suatu peristiwa yang dirasa tidak nyaman bagi dirinya atas perlakukan seorang guru mengakibatkan penolakan yang cukup besar dari dalam diri anak itu sendiri.

Dampaknya adalah malas dan menolak untuk masuk sekolah, ketakutan terhadap seorang guru adalah hal yang wajar ada dalam diri seorang siswa, tapi ketakutan berlebihan yang mengakibatkan seorang anak menjadi malas dan benar-benar menolak untuk masuk sekolah adalah sebuah masalah tersendiri yang harus diatasi. Sebagai orang tua, maka yang harus dilakukan adalah mencoba bertanya kepada anak dari hati mengenai masalah ketakutan itu, bertanyanya bukan dengan cara marah tetapi dengan cara yang halus. Sebab jika bertanyanya sambil marah dan bernada menyalahkan maka justru mengakibatkan anak itu menjadi malah tertutup.

Ketakutan terhadap guru dapat menjadi penyebab turunnya prestasi seorang anak di sekolah, dan itu tentu tidak kita harapkan kan. Itulah fungsi orang tua, untuk meluangkan waktu sejenak supaya bisa berbincang dengan anak mengenai masalah-masalah di sekolah. Yang perlu anda sadari sbagai orang tua, bahwa Andalah sosok yang selalu ditiru oleh anak anda sendiri, jika anda sebagai orang tua termasuk orang yang terlihat mudah khawatir dan takut dengan seseorang maka pasti lah anak anda berlaku yang sama.

Memang dibutuhkan teknik-teknik khusus dalam melakukan investigasi pribadi kepada anak, maka orang tua bisa belajar hipnoterapi untuk itu. Namun bila ingin cepat , yang dibawa saja ke klinik hipnoterapi yang berpengalaman menangani anak-anak. Kembali ke kasus tadi, ketika saya tangani sambil bermain TAB yang selalu dibawanya, saya berhasil menemukan akar masalah dari ketakutan anak tadi. Ternyata anak ini takut dengan sosok guru matematikanya yang baru dikelas 5 ini, saya sambil bercanda menyuruh anak ini untuk memejamkan mata lalu bertanya seperti apa sosok itu, dia pun menjawab dengan penuh ketenangan sambil menggambarkan sosok yang dia takuti.

Akhirnya saya lakukan teknik modifikasi kepada pikiran anak itu mengenai gambaran yang ada mengenai sosok guru tersebut. Dalan waktu sekitar 90menit, anak ini sudah berkata “saya berani om ketemu bapak A itu” , “saya kan mau jadi polisi, jadi saya lebih hebat dari guru itu, saya mau sekolah, dan mau saya kalahkan guru itu ilmunya”

Sebuah masalah pun bisa teratasi dengan mudah dan cepat jika memahami ilmu dan tekniknya, seorang anak yang hampir 1 bulan ketakutan terhadap gurunya dapat kembali berani dan siap masuk lagi sekolah.

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Tulisan ini dipublikasikan di terapi anak dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Mengatasi Anak Takut dengan Guru di Sekolah

  1. Tuan,

    Saya dari Malaysia. saya telah menghadapi masalah ini sudah 3 tahun iaitu mulai tahun 2011 sehingga sekarang . Anak saya sampai di sekolah keras untuk masuk ke sekolah dan sekarang tahun 3 dia dah mula ponteng kelas dan ponteng sekolah.

    Nama : Akmal Faris bin Mohd Khairul
    Tahun : 3
    Tarikh Lahir : 05 Mei 2004
    Tahun 2011 saya telah bawa kepada NLP Tranner tetapi dimaklumkan anak saya tiada masalah.

    Mohon, penjelasan tuan. Sekian, terima kasih.

  2. nanik berkata:

    anak saya kelas 1 sd, suatu hari dia pulang awal dari jam sekolah katanya perutnya sakit badannya panas lalu saya cek ternyata ndak apa2, hari berikutnya pulang lagi sebelum jam masuk sekolah katanya perutnya sakit mau bab,. saya selidiki ternyata dia cari alasan sakit karena takut pada gurunya mengenai pelajaran . takut ndak bisa . kalo mau berangkat sekolah ada saja alasannya sudah saya bujuk akirnya mau berangkat karna yg ngajar bukan guru yg ia takuti karna guru tsb sedang cuti melahirkan..
    gimana caranya agar anak saya tidak lagi takut pada gurunya tersebut mohon bantuannya…
    terimakasih

  3. syaifudin berkata:

    Mohon alamat yang ada di jogja dan no mer tlpn nya berapa

Tinggalkan Balasan

