Apa itu Hipnoterapi?

Persepsi Salah Tentang Hipnoterapi

Pada umumnya orang berpikir kalau hipnosis itu tidak sadar dan pikiran dikendalikan.

Ini adalah persepsi yang paling umum tentang hypnosis dan memang sering terjadi salah persepsi disini. Sesungguhnya dalam kondisi hipnoterapi itu kita sadar,  dan mengerti semua prosesnya.  Kalau tidak sadar, bagaimana terapis bisa berkomunikasi dengan klien? Bahkan terapis harus menjaga agar klien tidak “kebablasan” tidur.

Setelah terapi selesai, klien akan mengetahui dan ingat apa yang terjadi selama proses terapi.  Jadi tidak seperti yang dipersepsikan orang bahwa terhipnosis itu menjadi tidak sadar.

Saya sering bertanya pada klien saya. “Bagaimana rasanya setelah dihipnoterapi?, apakah anda merasakan pingsan?”  Samua klien saya menjawab “Tidak, saya masih bisa mendengar, tetapi badan terasa kaku dan sulit bergerak, bahkan mulut saya juga seakan susah bicara. Rasanya sangat relaks dan nyaman”. Memang betul sekali jawaban klien saya itu, dalam kondisi hypnosis,  terapis bukan membuat pingsan, tetapi menurunkan level gelombang pikiran melalui teknik komunikasi dan psikologi yang sistematis.

Nah kalau ada yang tanya, kalau gitu gendam itu caranya bagaimana? kok bisa secara tidak sadar orang bisa menyerahkan hartanya? jawaban saya:  Kalau gendam itu sebenarnya adalah bagian terluar dari hypnosis, gendam terjadi disaat target berada dalam kondisi FOKUS terhadap satu hal. Sehingga ketika fokusnya dialihkan melalui “tepukan” maka pikiran bawah sadar akan beralih kepada si pelaku gendam. Kemudian ditambah dengan pemberian harapan besar kepada target, misalnya memberikan uang 500ribu untuk mendapatkan jam rolex yang seharga 10juta, padahal jam rolex tersebut palsu.

Lalu ada yang tanya, apa bedanya dengan yang di TV? nah itu namanya stage hypnosis, untuk stage hipnotist dilakukan pemilihan terlebih dahulu terhadap subjek yang memiliki tingkat sugestibilitas sangat tinggi.  Coba anda perhatikan, jika seorang stage hipnotist di TV pasti melakukan seleksi, yang dipanggil di panggung 10 orang, tetapi yang diajak bermain hanya 2 orang saja.

Sebetulnya kalau kondisi tidur atau kondisi dibius dalam operasi malah jauh lebih tidak sadar lagi. Saat tidur atau dibius kita bisa “dikerjai” oleh teman kita tanpa kita terasa.  Namun dalam kondisi hypnosis, kita tidak bisa “dikerjai” jadi itulah yang kami sebut sebetulnya kondisi hypnosis itu Anda tetap aman karena kesadaran Anda masih pegang kendali.

Jadi kondisi hipnoterapi berbeda dengan gendam dan stage hipnotist, satu yang perlu dilakukan saat ingin mengikuti sesi hipnoterapi adalah “persiapkan diri anda untuk menerima dan mematuhi” semua instruksi dari terapist. Oleh karena itu pilihlah tempat hipnoterapi yang benar. Cara anda menilainya adalah,

  • Tempat terapi itu memiliki kartu kasus untuk setiap kliennya
  • Terapis memiliki gelar profesional yaitu CHt
  • Terapis juga membuka program pelatihan
  • Tempat terapi berani memasang papan nama
  • Setelah sesi terapi, anda diberi arahan untuk melakukannya sendiri dirumah

Pengertian Hipnoterapi

Sedangkan hipnoterapi adalah ilmu hipnosis yang lebih dalam dibandingkan dengan yang dipelajari oleh seorang hipnotis. Hipnoterapi digunakan untuk menterapi seseorang yang mengalami gangguan dalam hidupnya.

Maka hipnoterapis adalah seorang yang telah menguasai betul ilmu hipnosis yang lebih dalam dari seorang hipnotis serta digunakan untuk membantu orang lain. Dalam konteks ini, membantu adalah melakukan terapi terhadap orang yang mengalami gangguan dalam dirinya terutama yang disebabkan oleh pikiran. Karena perlu kita ketahui bahwa hampir kebanyakan penyakit, disebabkan oleh pikiran kita sendiri.

Apa yang kita pikirakan, itulah yang akan terjadi pada kenyataannya. Dan beberapa gangguan yang terjadi pada pikiran kita, akan memberikan dampak kepada badan kita. Sebagai contoh adalah ketika seseorang ingin melakukan presentasi dihadapan banyak orang, maka kadang yang terjadi adalah terjadi rasa gugup, badan gemetaran, keluar keringat dingin,bolak – balik ke toilet, berbicara menjadi terbata-bata dan sebagainya. Itu adalah sedikit contoh yang dapat sedikit anda sering hadapi. Hipnoterapis adalah orang yang akan membantu anda menghilangkan gangguan – gangguan yang terjadi dalam diri anda yang disebabkan oleh pikiran anda.

Proses Hipnoterapi

Proses hipnoterapi membutuhkan kerjasama dua pihak, antara klien dan terapis. Anda datang ke tempat hipnoterapi artinya anda membutuhkan bantuan terapis. Oleh karena itu, sikap utama yang harus anda lakukan adalah persiapkan diri untuk menerima dan melakukan semua instruksi terapis. Karena seorang hipnoterapis sudah memahami benar proses mengatasi masalah anda, tinggal anda yang mengikutinya.

Proses terapi, biasanya diawali dengan percakapan untuk membangun komunikasi baik antara terapis dan klien. Kemudian klien diminta untuk relaksasi sambil melakukan beberapa instruksi agar bisa menurunkan level gelombang pikirannya. Ikuti saja dengan santai dan teratur.

Hipnoterapis akan mengarahkan untuk melakukan mind reprograming kepada pikiran anda. Teknik bisa melalui NLP, direct suggestion maupun melalui audio brainwave. Semua untuk membantu anda. Setelah selesai, anda akan diajarkan untuk melakukan teknik hipnoterapi sederhana agar mampu dilakukan sehari-hari.

Jadi, hipnoterapi adalah proses penunjang dari sisi pikiran anda. Anda sudah memahami benar tentang hipnoterapi, sehingga mulai sekarang anda lebih mudah untuk mengatasi masalah pikiran anda. Ada hipnoterapi solusinya.

6 Balasan ke Apa itu Hipnoterapi?

  1. Devi af. berkata:

    kapan kita perlu bantuan dgn hipnoterapi.

  2. dace sarlim berkata:

    Sy hrus blajar dmna ya klo pngin jd tfafis

  3. irsyad berkata:

    brp kira2 biayanya untuk bisa menjadi ahli hipnoterapy

  4. taftazanetti berkata:

    apakah orang yang terkena ilmu pelet atau semacamnya bisa disembuhkan atau disadarkan dengan hipnoterapi? karena bukankah ilmu seperti itu juga menyerang pikiran?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s