Penyebab Utama Terjadinya Gagap Bicara

Gagap bicara menjadi sebuah masalah yang begitu berat bagi seseorang yang mengalaminya, karena menjadi ketakutan untuk berkomunikasi dengan orang lain akibatnya penderita menjadi minder ketika bergaul bersama orang banyak. Ketika mulut menjadi berat untuk bicara, maka terjadi keengganan untuk mengeluarkan pendapat saat berada disebuah forum diskusi maka potensi kita tidak dapat menonjol. Potensi terjadinya gagap bicara bisa dialami oleh setiap orang, karena sebenarnya penyebab gagap bicara ini adalah masalah psikologis akibat masalah yang diterima oleh pikiran.

Gagap bicara terjadi karena ada sebuah trauma terhadap kondisi sosial saat melakukan aktivitas berbicara. Dari pengalaman saya menangani masalah gagap bicara, dapat dipetakan mengenai masalah utama dari gagap bicara akibat tekanan dimasa kecil baik itu tekanan dari lingkungan dalam rumah atau luar rumah. Sebagai contoh, ada seorang klien yang melakukan terapi gagap di klinik wahana sejati mengungkapkan penyebabnya saat masih kelas 3 SD dimarahi gurunya waktu bernyanyi di depan kelas dan mengalami kesalahan saat bernyanyi. Ternyata memori itu begitu membekas di pikiran dia sehingga setiap ingin berbicara dengan banyak muncul ketakutan yang luar biasa berdampak kepada otot di mulut menjadi kaku maka terjadilah gagap.

Selain faktor lingkungan luar rumah, penyebab yang juga dominan adalah dari keluarga sebab lebih banyak waktu dihabiskan oleh seorang anak bersama ayah-ibunya. Situasi keluarga yang sering marah, tidak kondusif juga akan membuat memori buruk di pikiran bawah sadar seorang anak. Akibatnya anak menjadi takut untuk berbicara, karena setiap mau berbicara pasti dimarahi oleh orang tuanya, terjadi jugalah gagap bicara pada anak ini. Memang memori ini terkadang cepat dialihkan oleh sebagian orang, tapi ada juga yang mengalami kesulitan untuk mentralisir memori negatif ini sehingga kondisi gagap bicara terus terjadi.

Penyebab masalah gagap bicara bisa dihindari jika para orang tua menyadari bahwa anak-anak sangat mudah untuk menerima informasi dan mencontoh perilaku kedua orang tuanya. Bersikap menekan yang berlebihan tentu sangat tidak layak untuk diberlakukan kepada mereka, karena anak-anak menjadi ketakutan melihat sosok yang lebih tua atau yang dianggap memiliki dominasi yang lebih. Dengan penanganan yang rutin dan tepat, masalah gagap bicara dapat diatasi dengan melakukan modifikasi tentang memori di pikiran bawah sadar tentang masalah ketakutan itu.

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di hipnoterapi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Penyebab Utama Terjadinya Gagap Bicara

  1. dian hermayadi berkata:

    terus bagai mana selusi yng terbaik untuk menanggulangi takut berbicara pak ??
    apa saja trik trik yang harus di lakukan ?

  2. adhy berkata:

    apakah gagap bisa hilang dengan sendirinya ??? kalau bisa, faktor apa saja yang melatarbelakanginya ???

  3. anita berkata:

    apakah gagap bisa diturunkan? saya seorang ibu yg sejak kecil sering gagap jika berbicara. saya takut jika gagap saya ini bisa menurun ke anak. biasanya bicara saya mulai gagap jika pikiran saya tidak tenang atau akan mengucapkan kata kata tertentu yang diawali huruf a, k, t,. mohon saran dan infonya untuk mengatasi gagap saya. karena hal ini membuat saya sering malu dan minder. terima kasih

  4. rama berkata:

    Saya gagap sudah 20thn lebih sampe skrg blm sembuh. Dan ini karna faktor keturunan. Ibu saya dulu jg gagap. Anda sepertinya kurang paham ttg gagap ya, blm pernah mengalami sendiri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s