Terapi Sederhana untuk Anak Kecanduan Game Online

kecanduan-game-onlineSeiring perkembangan teknologi saat ini membuat jenis permainan juga ikut berkembang, jika pada jaman dulu permainan sering dilakukan diluar rumah bersama semua teman menggunakan alat-alat yang ada dialam dengan penuh keceriaan. Tetapi ketika jaman sudah menjadi berubah dengan tekonologi maka permainan anak pun menjadi salah satu yang berubah, saat ini anak-anak kita bermain dengan dirinya sendiri ditemani imajinasinya didepan sebuah layar monitor komputer. Dalam layar itu tampak gambar yang bergerak dengan dikendalikan melalui keyboard atau joystick dan anak-anak asyik menggerakkan keyboard itu.

Permainan game di layar monitor, saat ini terus berkembang menggunakan koneksi internet dimana semua pemain tidak terbatas ruang dan waktu, dimanapun dia berada bisa saling bermain permainan yang sama. Inilah yang membuat permainan game online menjadi seru bagi anak-anak dan ada juga bagi sebagian orang dewasa. Jika bagi orang dewasa yang sudah berpikir dan mengatur waktu tentu tidak menjadi masalah jika bermain game online, namun yang berbahaya jika anak-anak kita yang memang masih senang bermain terpancing untuk memasuki dunia baru bagi dia yaitu dunia game online, dimana dalam semua model permainan itu dibuat sebuah skema cerita yang terus berlanjut dari level ke level sehingga memunculkan tantangan bagi anak-anak. Apalagi dengan komunitas yang tersebar diseluruh dunia, membuat mereka bisa berkomunikasi untuk berbicara tentang cara-cara atau trik mengalahkan tantangan di tiap-tiap levelnya.

Akibatnya, anak-anak menjadi lupa diri dan menjauh dari lingkungan sosialnya sampai terjadi kecanduan terhadap permainan game online ini. Anak-anak akan mulai sering bolos dari sekolahnya, akan mulai pulang terlambat dan parahnya mulai berani untuk berbohong kepada orang tua dengan alasan macam-macam agar dapat pergi ke warnet atau game center guna memenuhi keingan bermainnya. Bahkan, seperti kasus anak D yang diceritakan ibunya ketika datang ke saya bahwa anaknya sampai berani keluar tengah malam lewat atap hanya untuk pergi ke warnet agar bisa bermain game. Juga sampai sering bolos dan nilainya jelek semua karena kerjaanya hanya bermain game online saja, bahkan sampai tidak pulang rumah hampir 3 harian hanya untuk bermain game online di depan komputer.

Dampak negatif dari game online memang semakin besar mempengaruhi anak-anak kita, bahkan sebuah pembuat game dari jepang memasukkan kisah dari kehidupan nyata ke dalam game itu, seperti misalnya ada pernikahan antar tokoh game sampai memiliki anak juga. Akhirnya anak-anak hanya hidup didunianya sendiri tanpa peduli dengan sekitar, kehidupan dia pun menjadi cuek saja dan merasa bisa hidup walaupun tanpa orang tua. Tahukah anda, bahwa di dalam game online kita bisa melakukan transaksi keuangan dengan menjual berbagai bonus, senjata dan peringkat sehingga para pemainnya pun bisa mendapatkan uang dari game itu. Itulah yang menyebabkan seorang anak bisa bertahan hidup diwarnet sambil bermain game online walaupun uang saku sudah diputus oleh orang tuanya.

anak-main-gameTerapi sederhana bagi anda sebagai orang tua adalah mencoba masuk kedalam dunia anak anda. Bagi orang tua yang tidak memahami permainan ini tentu menjadi bingung dan merasa aneh melihat permainan seperti itu, tetapi jika anda ingin masuk ke dunia anak-anak tersebut maka cobalah untuk mencobanya. Bagaimana caranya? Tentu belajar ke anak anda, tanyakan ke anak anda bagaimana bermainnya, simbol-simbol apa yang digunakan untuk menggerakkan tokoh-tokoh yang ada dalam layar itu. Atau anda berpura-pura saja bodoh alias tidak tahu tentang permainan game monitor itu, sehingga anda bisa belajar kepada anak anda dan tentunya bermain juga dengan anak anda. Saat anak-anak kita mengetahui bahwa orang tuanya juga suka bermain maka disitulah keterikatan muncul dan pikiran bawah sadar anak akan terbuka sehingga anda bisa mempengaruhi dia sambil bermain game itu.

Dampak positif dari permainan game online adalah memicu imajinasi dan kreatifitas anak, namun jika berlebihan bermain game akan menimbulkan efek ketergantungan. Andalah sebagai orang tua yang mencoba membawa dunia imajinasi game online kedalam kehidupan nyata. Misalnya, dengan memberi nama dari barang pribadi anak anda dengan nama-nama tokoh yang ada dalam permainan game online itu. Bisa juga dengan menjadi kan tokoh-tokoh di game online itu sebagai panutan atau role model saat anda “berbincang” dengan anak anda.

Mengatasi-Kecanduan-Games-Online

Secara umum, jadilah orang tua yang gaul mengikuti perkembangan jaman agar anak anda memiliki sahabat yang bisa diajak bicara dan bermain kapanpun dan dimanapun. Disaat anda bisa bermain dengan anak-anak anda disitulah saat yang tepat untuk memberikan berbagai “sugesti” tentang kehidupan sebagai bekal mereka dimasa depan.

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di hipnoterapi, terapi anak dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Terapi Sederhana untuk Anak Kecanduan Game Online

  1. Rahayu Nugroho berkata:

    Sy salah satu orgtua yg anaknya kecanduan games online gmn cara therapy yg tepat krn anak sy udah berumur 20thn, sampe2 kuliahnya terbengkalai krn games itu. Mohon info selanjutnya. Terima kasih

  2. Rahayu Nugroho berkata:

    Info hipnoteraphy di pulau kalimantan untuk daerah samarinda ada enda yaa

  3. Niniek Said berkata:

    apa cabang di denpasar bali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s