Mengatasi Anak yang Suka Membantah Orang Tua

anak-membantahMenjadi orang tua pada awalnya merupakan hal yang membahagiakan sebab anak yang diidam-idamkan lahir untuk menerukan keturunan keluarga, pasti sebagai orang tua akan tersenyum saat melihat sosok mungil yang lucu dan imut, namun seiring pertumbuhan fisik dari bayi itu maka mulailah muncul permasalahan-permasalahan yang kita sebagai orang tua mungkin belum memahami ilmunya, apalagi saat anak mulai membantah. Sehingga kita perlu mengetahu cara mengatasi anak yang suka membantah orang tua.

Ketika anak mulai bisa menerima respon dari lingkungannya, maka otomatis pengaruh yang masuk bukan hanya dari orang tua tapi juga dari lingkungan. Yaitu bisa dari teman-teman, dari televisi, dari bacaan, dari tetangga, dari pembantu dan dari siapapun yang anak kita lihat, yang dia bisa dengar dan yang dia bisa rasakan. Apalagi secara ilmiah dikatakan jika usia anak-anak masih begitu dominan pikiran bawah sadar yang bekerja, sehingga anak-anak akan langsung merekam apapun informasi yang dia terima tanpa diolah terlebih dulu melalui pikiran sadar. Akibatnya, anak-anak dapat melakukan hal-hal yang diluar perintah orang tuanya, apalagi jika orang tua terkesan sibuk sehingga lupa memperhatikan informasi apa saja yang masuk ke pikiran bawah sadar anak.

Karena anda sudah mengetahui bahwa secara alamiah, memang pikiran bawah sadar tidak bisa memfilter informasi yang masuk ke anak-anak, maka dari itu peran orang tua sangatlah penting untuk menjadi filter dari informasi yang masuk itu. Bagaimana cara memfilternya? Cara termudah adalah mencoba menjadi sahabat bagi anak kita dan sering bertanya terhadap apapun yang anak kita pilih.

Contohnya, saat kita mengajak anak pergi ke sebuah mall untuk berbelanja baju, saat itu biarkanlah dia bebas memilih baju yang dia suka, nah..ketika anak sudah menemukan baju yang dia suka selanjutnya tugas anda sebagai orang tua adalah menanyakan kepada dia, apa alasannya dia menyukai baju dengan model seperti itu. Dari jawaban anak itulah kita menjadi tahu apa sebenarnya yang ada dipikiran bawah sadar dia, bagaimana dia bergaulnya. Jika menurut anda, pilihan baju itu tidak tepat dengan usianya maka hindarilah untuk langsung menolak membelikan baju itu melainkan dengan mencoba memberikan alasan yang logis dengan menggunakan perbandingan sehingga bisa membuat kepala anak kita mengangguk-angguk tanda setuju.

menjadi-ibu-baikNah..cara berbicara seperti itu kepada anak membutuhkan sebuah pembelajaran bagi orang tua, sebab kebanyakan kita sebagai orang tua berpikir dan berbicara menggunakan konsep yang kita punya, sementara yang kita jadikan lawan bicara yaitu anak kita belum memiliki konsep seperti yang kita punya. Penyampaian konsep yang tidak dipahami oleh anak inilah yang menjadi penyebab anak suka membantah apa yang orang tua katakan kepada dia. Dan membantah itu wajar, artinya menunjukkan kepada kita bahwa sebagai orang tua harus banyak belajar agar bisa menyelami pikiran bawah sadar anak. Nah..itulah pentingnya kita sebagai orang tua perlu terus belajar tentang pikiran bawah sadar, sebab dengan memahami pola-pola kalimat yang mudah diterima oleh pikiran bawah sadar anak akan memudahkan kita untuk menasehati anak kita.

Tapi sebelum belajar mengenali pikiran bawah sadar anak, lebih penting untuk mengenali pikiran bawah sadar kita dulu sebagai orang tua. Apakag sifat membantah yang dimiliki anak kita, tidak dimiliki oleh kita sebagai orang tuanya? Jika ya, maka ubahlah terlebih dulu sifat kita, perbaiki dulu pikiran kita untuk mulai mengurangi membantah terhadap siapapun. Ingat pepatah..buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya..

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di terapi anak dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s