5 Langkah Membuat Anak Lebih Semangat Belajar

anak-rajin-belajarMemiliki seorang anak membuat kita merasa senang, karena merasa dititipi oleh Tuhan. Karena anak adalah titipan anak maka titipan itu harus dijaga dan dirawat dengan penuh tanggung jawab dan penuh perhatian, sebagai orang tua tentu kita merasa senang jika melihat anak-anak kita memiliki prestasi yang memuaskan khususnya dalam hal akademik. Walaupun akademik saja juga tidak bagus, namun dengan prestasi akademik yang memuaskan membuat anak-anak menjadi percaya diri untuk bergaul sehingga dapat membuat prestasi non-akademik lainnya.

Dalam hal akademik, yang dijadikan tolak ukur prestasi adalah nilai hasil ulangan pelajaran disekolah. Untuk mendapat nilai yang memuaskan maka hal yang utama harus dimiliki oleh anak kita adalah semangat untuk mau belajar, dengan kemauan besar untuk belajar maka anak akan menjadi mudah dalam mempelajari berbagai hal yang terlihat susah dan membingungkan.

Tapi, tidak semua anak memiliki semangat yang sama untuk belajar, apalagi dengan pergaulan yang ada di jaman saat ini, membuat anak-anak tidak tertarik untuk belajar, melainkan lebih tertarik untuk bermain. Nah..akibatnya ketika seorang aak lebih tertarik untuk bermain maka efeknya adalah fokus dari pikiran seorang anak akan teralihkan ke masalah permainan, apalagi yang namanya permainan tentu penuh dengan warna dan rasa asyik maka anak akan betah menikmatinya sampai lupa waktu.

anak-sukses

Lalu bagaimana caranya agar anak kita kembali semangat untuk belajar? Berikut ada 5 langkah yang bisa membantu untuk membuat anak kita kembali semangat belajarnya, langkah-langkah berikut dapat anda diskusikan dengan pasangan anda bagaimana baiknya untuk diterapkan kepada anak.

1. Ceritakan masa lalu anda, tentu sebagai orang tua kita pernah mengalami masa-masa untuk belajar, nah anda bisa ceritakan bagaimana dulu anda belajar? kalau anda termasuk anak-anak yang dulu malas belajar, maka anda ceritakan kepada anak anda bahwa anda menyesal tidak mau rajin belajar, cara ini efektif saat anda ceritakan malam hari sebelum tidur dengan gaya berdongeng sehingga bisa efektif menembus pikiran bawah sadar anak.

2. Berjanji memberikan reward, anak-anak sangat suka dengan hadiah apapun itu bentuknya, maka sebagai orang tua anda dapat memberikan tantangan berupa hadiah yang diberikan jika anak kita mencapai suatu prestasi tertentu. Misal, jika semester ini anak kita bisa mendapat nilai 9 disemua mata pelajarannya maka anda janjikan dia sebuah gadget misalnya🙂

3. Bertanya tentang pelajaran yang dia sukai, tanyakan kepada anak kita pelajaran-pelajaran yang dia sukai atau yang dianggap menarik. Dengan menanyakan hal yang menarik maka pikiran anak akan terus diisi oleh hal-hal yang menarik. Nah, dari pelajaran pelajaran yang dia sukai, maka kita sebagai orang tua berusaha memberikan dia fasilitas yang mendukungnya.

4. Ingatkan pelajaran disaat bermain atau rekreasi, disaat anda sedang bermain atau berwisata maka anda dapat bertanya tentang pelajarannya. Contoh misalnya, saat anda berwisata ke taman dan melihat ada kupu-kupu, lalu anda bisa bertanya kepada anak anda bagaimana proses metamorfosisi kupu-kupu, dengan contoh yang jelas maka anak-anak akan lebih tertarik. Atau saat bermain di danau, kita bisa bertanya kepada anak kita, mengapa kapal itu bisa mengapung, kita bisa menjelaskan juga sambil menghubungkan dengan pelajaran dia disekolah

5. Perkuat impian atau cita-cita anak dengan membuatkan sebuah foto sesuai dengan impiannya. Jika anak anda begitu mengidolakan sosok polisi maka buatlah sebuah foto anak anda dengan pakaian polisi lalu tulislah dibawah foto itu nama anak anda tetapi dengan pangkat tertinggi, misal Jenderal X…taruhlah foto itu dikamar anak yang mudah dilihat kapanpun, tujuannya adalah agar pikiran bawah sadar terus mengenali impian itu sehingga bisa membantu menjadi kenyataan

Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter anak, maka dari itu bekalilah diri anda dengan metode-metode “parenting” yang mampu memberdayakan anak anda menjadi pribadi yang maksimal

:Firman Pratama: – Spesialis pikiran-

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di terapi anak dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke 5 Langkah Membuat Anak Lebih Semangat Belajar

  1. berharap selalu sabar memberikan nasehat kepada anak-anak yg tidak langsung menerima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s