Cara Mudah Mengatasi Seseorang yang katanya kerasukan

Seorang siswa kesurupan di SMKN Bantul, Yogyakarta, Rabu (21/10). Puluhan siswa kesurupan usai melakukan kemah di taman makam pahlawan Manding, Bantul. FOTO ANTARA/Regina Safri/09.Banyak yang bertanya ke saya bagaimana caranya menyembuhkan seseorang yang sering kerasukan, itu kata mereka ya kerasukan. Ada seorang peserta pelatihan kelas hipnoterapi, yang memunculkan pertanyaan seperti ini, “mas firman, kalau orang yang kerasukan atau kesurupan itu bagaimana mengatasinya, kalau berdasar pembelajaran saya selama dengan mas firman kan fenomena itu hanyalah “lebay” saja, sementara di masyarakat sudah mendarah daging?”, Lalu ada seorang ustadz yang dia sehari-hari sering menangani jemaah dengan menyebut istilah Ruqyah, dia belajar ke saya lalu menceritakan sebuah kasus.

Kasusnya :Ada seorang ibu, dia sering sekali kerasukan. Setiap minggu selalu menemui uztadz ini untuk diruqyah, awalnya si uztadz senang saja katanya, tapi karena setiap minggu datang dengan sosok “penganggu” yang berbeda, maka uztadz juga merasa aneh dengan ilmu ruqyah dia. Maka karena itu dia mencari cara yang lain, lalu bertemulah dengan artikel-artikel saya. Menurut uztadz tersebut ya.

Nah..saya akan menjawab dua pertanyaan tersebut dalam artikel kali ini. Saya letakkan tulisan ini di blog ini karena memang merupakan bagian proses terapi. Kerasukan ataulah kesurupan atau apalah namanya, sebenarnya adalah proses HIPNOSIS, dimana orang tersebut sedang dalam kondisi TRANCE, alias menggunakan pikiran bawah sadarnya, bukan tidak sadar. Kalau orang yang kerasukan itu tidak sadar maka dia pastilah pingsan, bukan malah bergerak, berbicara ngawur seperti itu.

cara-cepat-menghilangkan-kesurupanApakah kerasukan itu ada makhluk lain yang menguasai?Jika itu pertanyaan anda, maka saya jawab dengan tegas, tidak ada. Yang membuat seseorang terlihat seperti itu adalah dirinya sendiri. Saya menulis seperti ini karena saya sering membantu orang-orang yang katanya sering kesurupan itu. Hmm…saya ingat ketika saya memberikan workshop Alpha Mind Control di Bali, tepatnya di Denpasar, waktu itu kelas platinum yang diikuti oleh seseorang pemilik supermall di denpasar. Ketika di hari kedua, tepatnya jam 4 sore waktu bali, bapak ini ditelepon oleh staffnya bahwa ada 3 orang pegawai yang kesurupan di mall nya. Langsung saya dan beliau pergi ke sana.

Karena bapak ini sudah mengetahui kalau itu hanya “lebay” maka dia mencoba menangani sendiri, untuk orang yang pertama adalah laki-laki yang matanya melotot, bapak ini mencoba mengambil air bekas sesajen dan melemparnya ke wajahnya, maka laki-laki ini langsung melemas. “berhasil pak firman” sahut bapak ini ke saya he.he.

benarkah-ruqyahSaya pun hanya mengacungkan jempol, lalu orang yang kedua adalah perempuan yang terliat mengacau bicaranya, bahkan marah. Lalu bapak ini bingung dan menoleh ke saya. Saya pun menyuruh bapak ini, dekati lalu tampar wajahnya, katakan ke dia “diam atau saya pecat sekarang”. Anda tahu, perempuan ini langsung diam dan melemas, sambil tertidur. Hebat kan he.he.

Nah yang ketiga, ini perempuan juga dia malah bergerak kemana-mana, bahkan berguling-guling. Saya pun bertanya ke temannya, sudah menikah orang ini?jawabannya sudah. Lalu saya dekati dia, dan meminta temannya untuk memeganginya, saya siramkan air ke kepalanya, lalu say bisikkan di telinganya..”kamu pilih mana, diam atau saya lepas semua pakaian kamu, saya sebarkan foto-foto kamu agar suamimu malu. Diam sekarang, maka gajimu dinaikkan”

Dalam 1 menit, perempuan ini melemas, roboh dan jatuh ke lantai, mantra saya berhasil ya..he.he..si bos bertanya ke saya, pak firman bilang apa? ya saya katakan seperti tadi itu kepada bosnya, dan bos itu tertawa “pak firman ini memang pandai”. Anda boleh mencobanya kepada orang-orang yang katanya kerasukan itu.

terapi-kesurupanLalu bagaimana dengan si uztadz ruqyah tadi, saya bilang ke beliau, “uztadz, saat anda menyuruh pergi kepada penunggu yang ada didalam tubuh ibu itu, sebenarnya uztad tidak melakukan apa-apa, siapa yang disuruh pergi, tidak ada yang pergi. Karena ibu itu masih menyimpan memori tentang kesurupan dan penunggu dirinya.Akibatnya setiap minggu selalu datang dengan nama penunggu yang berbeda, betul uztadz?”, beliau mengangguk dan mengiyakan.Lalu saya harus apakan pak?semua bacaan sudah saya berikan? tanya uztadz ini lagi.

“begini saja pak, saat nanti ibu itu datang lagi, uztadz lakukan saja proses ruqyah seperti biasa, tapi jangan menyuruh pergi kepada yang dianggap penunggu itu tapi uztadz katakan kepada bagian penunggu itu, “kamu mulai sekarang menjadi sahabat ibu ini, kamu adalah lelaki tampan, menggunakan jas dan bersih, kalau kamu mau maka kamu tetap dalam ibu ini tapi itu syaratnya kamu harus bersih dan membantu”, dan katakan juga kepada ibunya bahwa dalam diri ibu sekarang sudah ada yang selalu menemani dan membantu.Uztadz ini pun paham.

Setelah sepuluh hari berlalu, uztadz ini menghubungi saya “mantap pak firman, ternyata memang seperti itulah kerasukan, saya tidak perlu membuang tetapi saya ubah menjadi teman, dan ibu ini sekarang jadi selalu happy dan berterima kasih ke saya mengatakan pak uztadz akhirnya saya bebas dari gangguan”, saya pun menjawabnya “sip berhasil uztadz”

“kayaknya pemahaman pak firman tentang ilmu kerasukan ini sangat tinggi, saya belajar ruqyah bertahun-tahun tidak pernah diajarkan seperti itu, saya paham sekarang bahwa kerasukan atau kesurupan itu bukan dari luar yang masuk, melainkan dari dalam diri orang itu sendiri” jawab uztadnya saat mau mengakhiri teleponnya.

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di hipnoterapi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

200 Balasan ke Cara Mudah Mengatasi Seseorang yang katanya kerasukan

  1. Galuh Condrokirono berkata:

    Kalau jin pak?

  2. ratulangi srikandi adminingsih berkata:

    saya sungguh menyesal karena baru menemukan postingan bapak yg luar biasa…semua sudah sy baca…terimakasih sdh berkenan berbagi….salam santun,,

  3. rois berkata:

    kalau di gituin, disangkain orng gila. om .msk orng kesurupan mlh dijadikan sahabat atau teman

  4. Jaimudin Tanara berkata:

    Luar biasa, makasih atas ilmunya pa Firman

  5. anjie berkata:

    jika org yg kesurupan itu memang karna alam bawah sadarnya,, apakah setan/jin itu tidak ada ??

    • firmanpratama berkata:

      jin ada..tapi bukan seperti masuk2 ke dalam kesurupan itu..:)

    • firmanpratama berkata:

      jin itu ada..tapi bukan seperti dalam kesurupan itu…itu bukan jin..tapi memang manusianya sendiri..

      • fikri bastian berkata:

        Maaf pak kalau awal mula tangan kakinya kaku trus badanya tiba tiba panas bgt trus bicaranya tidak kyk biasanya apa itu juga hnya dirinya sndri??tpi sempat orang itu blg kalau seprti rasanya Đ̤̥̬̈̊ɪ̤̥̬̇̈̊ ikat tdk bisa Đ̤̥̬̈̊ɪ̤̥̬̇̈̊ gerakan. ….sy tunggu blsx thx

      • firmanpratama berkata:

        ya..itu karena ada masalah dalam dirinya..coba aja di ajak bicara dari hati ke hati,,:)

  6. thole ichsan berkata:

    saya dak bentak 2 ,tak pencet 2 bagian saraf kok ndak mau pergi

  7. megis berkata:

    sory, saya tidak sependapat. karena saya yakin kerasukan itu memang ada.

  8. Iman Syah berkata:

    apakah butuh keahlian khusus untuk berkomunikasi dngn org yg katanya kesurupan pak?

  9. yoga berkata:

    jin memang bisa mersuk ke tubh orang….masuk lewat jalan darah

  10. Andi Pratama berkata:

    mungkin pak firman perlu melakukan uji nyali di masih di dunia lain….lalu cobalah untuk melempar2 barang. berharap agar jin marah. lalu kalau bapak tidak kesurupan, berarti bapak benar…sampai saat ini kan bapak hanya berasumsi…belum membuktikan. Dalam karya ilmiah, teori Bapak hanya bisa diterima jika Bapak firman sudah melakukan pembuktian….jadi saya tunggu kabarnya pada saat dan setelah Bapak Firman ikut uji nyali di Masih di Dunia Lain…hehe…berani?

    • firmanpratama berkata:

      kayaknya gimana kalau anda yang ikut uji nyali lalu anda keluar dari area itu lihat kru2nya hehe..saya sudah melakukan pembuktian kok..makanya saya berani menulis..:)…karena saya juga dosen, jadi tahu apa itu proses imiah..

  11. Andi Pratama berkata:

    thanks kalau Bapak sudah melakukan pembuktian

  12. hery berkata:

    Saya boleh nnya agama pak firman apa ya

  13. Irwan W berkata:

    Assalamu’alaikum pak firman,
    saya adalah salah seorang yang sepemikiran dan sependapat dengan apa yang bapak sampaikan, bahwa masalah “kesurupan” adalah masalah kejiwaan. Berdasarka pengalaman yang saya alami, biasanya orang yang “kesurupan” itu adalah orang sedang mempunyai masalah yang menjadi beban dalam hidupnya, hingga membuatnya tertekan dan depresi.
    Namun ada satu hal yang belum saya pahami dan belum mendapat jawabannya yakni :
    saya pernah melihat seseorang yang “kesurupan” dapat berbicara dengan bahasa cina secara fasih, padahal dalam keadaan “normal” dia tidak mengerti bahasa tersebut, bagaimana proses hingga hal ini bisa terjadi? mohon penjelasan, terima kasih.

    • firmanpratama berkata:

      bukan masalah sepemikiran, memang kenyataannya kesurupan itu seperti itu.., u/masalah bicara cina itu karena dia suka menonton film cina…itu biasa saja…:)

      • Koko Puko berkata:

        jawaban bapa terkesan, bapak lebih mengenal orang yg yg bermasalah d atas. orang kesurupan pandai bahasa cina ko di bilang biasa padahal sudah di jelaskan, keseharian orang tersebut tidak pandai bahasa cina. ko bapa beralasan karna sering nonton film cina. maaf, jawaban bapa tidak masuk akal..

      • firmanpratama berkata:

        karena memang spt itu kenyataannya, anda menbatakan tidak masuk akal,karena memang di akal anda belum ada pemahaman ini..:)

  14. rayuma berkata:

    saya pemerhati artikel2 anda heheheh
    artikel2 khusus tentang; jin, kerasukan, kesurupan, kemasukan, hilang kesadaran karna uji nyali, dan hal2 yang berkaitan dengan hilangnya control kendali terhadap diri sendiri karna hal2 yang masih samar seperti ini mohon untuk terus dibuat … karna anda tau sendiri pikiran2 mistrik bin klenik binti goib dalam kepala orang2 indonesia sudah begitu luar biasa mengakarnya heheheheh .. jadi tolong dipertimbangkan saran uusulan saya🙂 karna saya sering mampir ke blog2 anda seminggu sekali*

  15. leoni elsie berkata:

    temenku pernah kerasukan tp dia cm tb tb pingsan trus pas di gotong berat bgd padahal cman 45kgberatnya 4 cowo yg angkat masih sangat berat dan sewaktu di baca doa singkat matanya terbuka tapi merah tp ngak berontak haum haum kaya org org, kalo itu apa ya?

  16. Aminin berkata:

    saya sangat setuju dg apa yg di katakan p.Firman bukannya sy tdk prcaya makhlik gaib tp itu memang kenyataannya jd lebih jelas dan tdk berandai andai

  17. Davidivadevi La berkata:

    saya kuli bangunan pak tapi kuwalahan mengendalikan seorang ibu yg sdng kesurupan padahal ibu itu kurus kerempeng tp tenaganya luar biasa bahkan bisa silat ujungnya malah aku yg hampir pinsan side kicknya tepat mengenai anuku pak hehe,,,jadi sy percaya kalo kesurupan itu ada keterlibatan makhluk lain

  18. Rino berkata:

    Pak firman yth,
    akhr2 ini perasaan saya sering tidak enak, saat saya cek dg org pintar beliau bilang ada makhluk yg mau masuk k dlm tubuh saya,
    kata org pintar tsb makhluk yg gangu saya hrs d masukan k dlm tubuh saya trlebih dahulu, kemudian d dengar kan keinginanya bru bs d suruh pergi.
    Namun makhluk tsb tak kunjung2 mau masuk, karena hati saya tdk iklas utk menerimanya. Hingga saat ini saya terus merasakan hal2 yg aneh tsb.
    Mohon solusi bapak ?
    Apa yg harus saya lakukan, sebab saya tidak tahan merasakan hal2 tsb lama !
    Trima kasih
    mohon d balas

    • firmanpratama berkata:

      kalau anda bertanya ke “mereka”…orang pinter,spiritual dkk itu..pasti jawabannya ya seperti itu..10 orang yang anda tanya pasti seperti itu..:)…yang membuat anda tidak enak..itu adalah diri anda sendiri..”perasaan” anda..

  19. dear pak firman,

    kalo kesurupan tidak ada “sesuatu” yang masuk, kenapa di luar negri juga masih percaya kesurupan? liat film The Exocism, The Conjuring, The Haunting in Connecticut & The Exorcist semua di angkat dari kisah nyata. aneh ya, padahal negara luar jauh lebih tinggi tingkat ilmu psikologi nya dari orang indonesia.

    lalu kenapa ada istilah Abalam, Beelzebub, Leviathan, Ba’al ??? kan menurut anda tidak ada yang kerasukan / kesurupan jin???

    lalu mengapa di seluruh agama (islam, kristen, katolik, yahudi, dll) masih ada ritual pemanggilan roh untuk di rasuki dan masih meyakini nya? aneh ya apa semua kepercayaan agama2 itu yang salah, dan hanya ilmu psikologis yang benar?

    • firmanpratama berkata:

      film kan? orang boleh buat film apapun..untuk masalah agama lain saya tidak tahu, karena saya islam..dan di Islam tidak ada ritual pemanggilan roh..

      • Ryanekek berkata:

        Iya pak firman.. Tapi itu dari kisah nyata.. Atau menurut bapak pembuat film itu pembual? Dan menayangkan hal bohong?

        Bapak tau arti exorcism? Bapak tau arti ruqya? Atau bapak tau qarin?

        Lho bapak kan ahli nyembuhin yg kerasukan.. Bapak kok bisa tidak tau ada atau tidak nya fenomena pemanggilan roh..

        Mungkin di islam tidak ada ya pak.. Tapi yg saya tau di islam ada lho pak kerasukan.. Dan apa bapak juga sebut lebai yg menyebutkan kerasukan itu di islam?

        Tolong jawab yg jelas ya pak firman yg terhormat.. Agar saya bisa jelas dan paham kalau kerasukan itu tidak ada dan lebai..

      • firmanpratama berkata:

        jawaban yang jelas ada di Kelas Alpha Mind Control (AMC)..tahumu dengan tahuku boleh beda dong..:)…masak tahunya anak tk mau dibandingin dengan tahunya yang perguruan tinggi..

      • Agus Liansyah berkata:

        Hello Mas , baru keliatan komen yg ini🙂 Mas Muslim ya ternyata , lalu apa alasan anda mengingkari kesurupan ?
        Bukannya hal-hal itu sudah ada di Alqur’an , apa anda memiliki tafsiran tersendiri Mas🙂 kalo iya , apa itu ?

        Then , just read this one ya mas🙂

        http://metafisis.net/2009/11/06/pertanyaan-kepada-para-ingkarus-sunnah-ruqyah/

      • firmanpratama berkata:

        hubungannya apa ya dengan artikel ini?kayaknya anda salah mencari argumen. Saya tidak mengingkari, kan saya tulis judulnya, “cara mudah mengatasi seseorang yang katanya kerasukan”, saya memberikan cara yang memang sudah saya dan alumni AMC buktikan , coba deh anda lakukan langkah2 diatas baru anda bisa berargumen ya..hehe

  20. sepaham dgn pak firman …

  21. Farhan Mahdy berkata:

    pak, gimana cara menetralkan seorang siswa, yang katanya “kerasukan”. . . ?
    mohon caranya. . .

  22. supriyadi berkata:

    membaca tulisan anda membuat saya berfikir kalau kerasukan itu tak ada , tapi fenomena seperti ini bagi orang awam adalaha sesuatu yg berhubungan dengan mistis , yang kita tahu orang indonesia sangat mempercayai hal” mistis ,
    tapi bagaimana anda menjelaskan secara psikologi tentang fenomena orang kerasukan dan secara ilmu pengetahuan , ???
    saya muslim saya percaya ghaib tapi saya masih tidak percaya jika ada roh jahat yg bisa merasuki tubuh manusia ,
    tolong jawabanya terimakasih

  23. Agus Liansyah berkata:

    Nice info Mas🙂
    Tapi saya percaya akan fenomena kesurupan , saya percaya bukan krna tanpa alasan , saya percaya krna hal-hal seperti ini juga tercantum didalam kitab keyakinan saya, sebagai umat beragama saya wajib mempercayainya , tidak hanya itu kejadian” diluar nalar yang pernah terjadi juga menguatkan kepercayaan saya , terlebih dari semua itu kita memiliki keyakinan masing” dan assumsi yang diperkuat juga oleh bukti” kuat dri pengalaman tentunya .btw nice for finding this blog🙂 and also thanks for the link too🙂

    • firmanpratama berkata:

      diluar nalar anda mungkin iya..karena nalar setiap orang berbeda-beda..:)…tergantung tingkat pengetahuan. Kitab suci menyuruh kita untuk belajar dan belajar..:)

      • Agus Liansyah berkata:

        Iya Mas anda betul , itu trgantung tingkat ilmu pengetahuan ,🙂 oh iya Mas saya juga masih bingung seperti masyarakat yg kesurupan biasanya bisa berbicara dgn bahasa lain sperti belanda dll , trus ada juga yang matanya berubah warna menjadi merah Mas , jadi itu sebenernya gimana ya Mas ?🙂

  24. Anonim berkata:

    Kesurupan diakibatkan karena ketidaksukaan penunggu yang ada disekitar kita, kemudian berusaha masuk ke tubuh kita, cara mengeluarkannya adalah kita membaca ayat-ayat al-Qur’an, kemudian al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas.

  25. zsshofi berkata:

    aslm. cara bpk memang benar. tp qt tdk boleh menafikan yg namax kesurupan yg brsangkutan dg gaib, mungkin kalau dirinci kemasukan mahluk astral itu memang benar. nah dg cara bpk untk menyadarkn seseorang yg kesurupan td dg membentak atw memberi kata2 itu bertujuan untk memberi semangat bagi yg kesurupan yg nalarx berada d alam bawah sadar sehingga mahluk astral memanfaatkn situasi seperti untuk masuk pd yg kesurupan. nah dg cara bpk itu untk mengembalikan serta brusaha mlawan mahluk astral yg menyerang fikiran org yg kerasukan, sehingga dia jadi sadar,

    • firmanpratama berkata:

      alam bawah sadar itu apa ya?hehe..memamg kalau anda ,memahami sebagian2jadinya spt itu..:) saya kan sudah explore dan riset mendalam…

      • Koko Puko berkata:

        riset bapa kurang ya?? ni saya tambahin..

        Area Pikiran Sub Sadar/Bawah Sadar

        Area ini sudah ada sejak mulai dalam kandungan ibu. Bahkan dalam teori hipnotis area ini memiliki peran lebih dari 80% atas diri kita. Di area ini tempat tersimpannya memori kita sejak kecil, kebiasaan kita, sifat dan pola pikir kita. Karena peran yang lebih dari 80% inilah yang membuat kita susah untuk mengubah kebiasaan kita secara sadar. Atau ketika ingin merubah sifat kita yang kurang kondusif untuk perkembangan diri kita.

        Di area ini juga tersimpannya program diri yang bisa menyabotase kesuksesan kita. Misalnya saja keinginan kita untuk memiliki uang yang banyak tapi kita menganggap uang itu susah dicari atau uang itu sumber kejahatan. Ingin kaya tapi menganggap orang kaya itu pelit atau orang kaya keluarganya pasti berantakan.

        Selama program-program tersebut tidak diubah maka kita akan sangat sulit mencapai apa yang kita inginkan tersebut. Merubahnya secara sadar sangat kurang efektif karena peran pikiran sadar yang kalah jauh dengan pikiran bawah sadar.

        Masa-masa paling efektif untuk pembentukan program-program yang memberdayakan adalah ketika anak berumur 0-4 tahun. Karena secara teori pada usia tersebut si anak menyerap semua apa yang dia pelajari, pelajaran yang baik maupun buruk.

        Dalam perkembangan menuju dewasa Pikiran Bawah Sadar terus menerus memegang peranan penting. Ia adalah tempat penyimpanan habit atau kebiasaan, emosi-emosi terpendam sejak masa kecil, program-program perilaku dan persepsi, value atau nilai dasar, rekaman-rekaman penglihatan dan pendengaran yang bermuatan emosi negatif maupun positif, dan lain sebagainya.

        Perilaku, cara berpikir, dan cara merasa manusia adalah hasil proyeksi dari apa yang ada di alam bawah sadarnya. Misalkan, seorang anak yang dari kecil sering dipukuli dan dibentak, di pikiran bawah sadarnya akan tersimpan ketidakpuasan dan rasa takut yang berlebih, ini akan mempengaruhi perilaku dan cara berpikir dan cara merasa dia di masa depan. Hal yang dapat terjadi, dia bisa saja menjadi orang yang minder, takut berlebihan, tidak mudah percaya orang, negatif thinking, kurang semangat juang, dan lain sebagainya. Namun bisa saja justru dengan semua ketidakpuasan itu di pikiran bawah sadarnya, ia malah menjadi orang yang sangat agresif, ia menjadi orang yang keras, pemarah, dan menyakiti orang lain juga.

        Bila pikiran bawah sadar kita lumayan kondusif dan positif, maka baik pula kehidupan kita.

        Dan ternyata Pikiran Bawah Sadar manusia juga punya kekuatan untuk menciptakan, contohnya:

        Saat seseorang terlalu cemas akan kesehatannya, bila ia tidak menghentikan kecemasan itu, penyakit yang ia takuti malah bisa terjadi secara real.

        Orang yang meyakini bahwa ia tidak mampu, maka sesuai dengan keyakinannya terjadi pula ketidakmampuan tersebut, yang sebenarnya adalah klise.

        Orang yang sering mengeluh “aduuuh capek…” “capek bangettt” “capek yahhh” “capekkk dehh..” dan lain sebagainya, akhirnya ia akan mengalami psikosomatis dimana ia akan sering capek jasmaniah meskipun tidur cukup, makan cukup, kerja tidak berat, karena alam bawah sadarnya telah tertanam program capek. Berhati-hatilah akan apa yang telah, sedang, atau akan anda tanam di pikiran bawah sadar anda. Tanamlah yang baik maka akan menerima dan merasakan yang baik pula.

        Contoh kekuatan pikiran bawah sadar yang luar biasa adalah sebagai berikut:
        Dulu waktu kecil mungkin anda pernah dibilang bahwa kalau lagi sakit perut dan tidak ada toilet di tempat dimana berada maka genggam sebuah batu atau taruh di saku celana, maka akan hilang atau reda sakit perut itu. Tahukah anda sesungguhnya hal ini hanya sugesti saja, tidak benar bahwa batu itu punya magic tertentu. Kita sering didoktrin bahwa dengan menggenggam batu maka sakit perut bisa reda, keyakinan ini masuk ke alam bawah sadar, lalu diciptakan realitasnya oleh si alam bawah sadar itu. Ini adalah bukti bahwa alam bawah sadar ada kekuatannya. Di dalam diri kita ada potensi terpendam yaitu di bawah sadar kita, hanya sedikit orang yang menyadari hal ini.

        Seseorang sedang sakit dan merasa lemah sekali, misalkan sakit tipes, namun ia mendapat kabar bahwa ternyata istrinya yang telah 10 tahun menikah belum punya anak, telah berhasil hamil, ketika mendapatkan kabar ini, ia bisa mendadak sembuh.

        Supaya lebih memahami, contoh mudah lainnya adalah saat seseorang dikejar oleh anjing galak ia dapat berlari dengan sangat cepat hingga melompati pagar yang tinggi, namun setelah selesai ia berusaha melompati pagar itu secara sadar malah tidak sanggup. Apakah ini kekuatan gaib? tidak ! ini adalah kekuatan pikiran bawah sadar anda.

        Saat sedang berbunga-bunga jatuh cinta, anda dapat menahan lapar dengan mudah, lapar dan badan yang lemah bukanlah masalah bagi anda. Ini kalau masih cinta-cintanya loh ya, soalnya kalau cinta sudah pudar maka kekuatan pikiran bawah sadar juga tenggelam. Saat sedang cinta-cintanya seorang pria dapat dengan luar biasa berkorban tanpa merasa lelah yang berarti, karena potensinya sedang keluar.

        Masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, namun yang pasti adalah masukkan sugesti-sugesti yang positif ke alam bawah sadar, maka ia akan menunjang suksesmu. Sudah terbukti ilmiah!.

        Dan ternyata, pikiran bawah sadar dapat menarik keajaiban, menciptakan keberuntungan. Pikiran bawah sadar dapat membantu kita merealisasikan impian kita. Dalam hal ini sudah agak berbau spiritual, contohnya adalah sebagai berikut:
        Bila anda sangat-sangat merindukan seseorang, orang itu dapat merasakan resah atau turut merindukan anda.
        Bila anda meniatkan dan benar-benar meyakini untuk dapat tempat parkir, maka bisa terjadi keajaiban anda benar-benar menemukannya.
        Saat anda sangat-sangat ingin mencari suatu informasi, anda kemudian terdorong untuk membuka sebuah koran yang tidak pernah mau anda baca selama ini. Saat membuka secara random (sembarangan) malah bisa persis ketemu dengan informasi yang anda butuhkan tadi.
        Seorang ibu bisa merasakan keresahan bila terjadi hal-hal kurang baik pada anak atau suaminya.
        Saat pengen banget mau makan durian, eh kok bisa kebeneran ada yang menawarkan untuk makan durian.
        Orang yang selalu berprasangka negatif maka tanpa ia sadari pikiran bawah sadar dia juga menarik hal-hal yang negatif untuk terjadi.
        Orang yang punya prasangka bahwa jodohnya susah, maka ia akan mengalami hal itu.
        Orang yang menganggap dirinya tidak berguna dan tidak dibutuhkan orang lain, maka tanpa ia sadari akan menarik kejadian-kejadian yang semakin membuat dia yakin bahwa hal itu memang benar.
        Orang yang berprasangka bahwa mencari rejeki itu susah sekali, orang kaya hanyalah orang-orang pilihan Tuhan saja, maka pikiran bawah sadarnya selalu menghindarkan ia dari jalan rejeki yang besar, padahal sesungguhnya tersedia jalan kemudahan. Namun prasangka yang ia miliki membuat ia tidak dapat melihat kesempatan, atau masih melihat namun tidak berani mengambil kesempatan itu.

      • firmanpratama berkata:

        dikomentar awal menyebut “alam” sekarang jadi “pikiran”, kalau “alam bawah sadar” jelas itu tidak ada,.yang ada “pikiran bawah sadar”, yang pakar pikiran saya atau anda ya hehe..pemahaman anda tentang PIKIRAN BAWAH SADAR perlu diperdalam dengan riset ya..penjelasan anda yang panjang itu justru menampakkan bahwa anda memang masih belum tahu apa itu pikiran bawah sadar…semangat !!

  26. martua berkata:

    Coba anda jelaskan kenapa orang yang kesurupan yang anda katakan “lebay” memiliki tenaga yang kuat di banding dengan keadaan nya saat sadar

    • firmanpratama berkata:

      ya wajar saja..sebab dia sedang “histeris”..sama dengan ketika anda dikejar anjing,kenapa bisa lari cepat…dia itu sadar,kalau tidak sadar itu namanya “pingsan”

      • pirdaus berkata:

        Oh gtu ya. Payahnya org indo dkasih ilmu A ya trima A aplgi yg ngasih org luar . Ehm pak klw smua d logikan ya psti jdnya nganeh. Kta bpak org ksurupan gk ada karna pngruh dri luar trus biarin aja entar sembuh. Ya bapak . Smua org jg tau . Pak kalw dbiarin aj bakal sembuh . Tpi akibatnya gmna? Gmna klw dia lari lari ktbrak mobil?
        Ehm gni Gmana kalw saya bilang logikanya gni. Setan jg bsa capek loh pak. dan setan pnya tipu daya yg bagus . Bnarkan? . Nah d dalam AL QURAN jg djlaskan ttg ksurupan iy kan? . Tjuan setan mnyesatkan manusia iy kan? Yah klw bpk muslim pasti jwab iya . Bntuk dari cra setan menyesatkan manusia slh satunya mmbuat manusia tdg percaya isi AL QURAN wllw cma 1 kta atau ayat sklipun bnrkan? Lalau ap hbunganya? Gni pak ya dgn setan mengikuti cara logika bapak td scra tdg langsung mmbuat bapak share info ini dan org yg mmbca share info dri bapak yang mana bapak mngkin udh jadi sarjana tinggi yg satu kata kata bapak bsa jd doktrin untuk smua org maka org trsbt akan tdg percaya dgn isi AL Quran itu, dan tntu jd sesat dan setan tpuk tangan trus sambil ktawa hahaha . Jdi wajar dmana ada bapak org ksurupan smbuh apa lagi dgn cara bapak yg gtu alias gak ad sngkut pautnya dgn ke imanan. Yah lgsung setanya pergi dan misinya complate mmbuat sbgian kecil manusia gk percaya Dgn ksurupan. Efeknya bnyak pak . Bkan cma itu doank. Yah smga bpak jg ngrti maksd saya. Dan yg lain jg. Apalagi bapk sarjana. Shrusnya bsa ngrtilah. Yah qmi mmng blm sarjana dan bapk mngkin docter. Tp tdg ada org d dnia ini yang tdg bsa dtipu olh setan kcuali NABI MUHAMMAD SAW . Oh iy sklian klw org ksurupan masal itu brrti dmta bapak LEBAY MASAL YA? HHa beratnya nambah itu gmna jg . Oh iy bapak pernah gak ngrasain proses hampir ksurupan? Pdhal gak ad masalh setresh appun? Klw gak pernah jgn bilang org ksurupan itu lebay belaka. klw yg lebay itu org yg pura pura ksurupan. Atau mmng stersh. Tp gk smua org ksurupn itu stres pak.

      • firmanpratama berkata:

        Alquran menjelaskan “kesurupan” ? wah coba deh anda beritahu ya…Nabi Muhammad itu orang ilmiah, dan ISLAM adalah penemu dari semua ilmu ilmiah, ilmu kedokteran, ilmu matematika, ilmu fisika, ilmu astronomi dll..kalau anda paham Alquran maka didalamnya penuh dengan “ILMIAH”, belajar lagi ya..:)

      • Koko Puko berkata:

        Hal ini sebagaimana ditegaskan Syaikhul Islam dalam fatwanya,

        وليس في أئمة المسلمين من ينكر دخول الجن بدن المصروع وغيره، ومن أنكر ذلك وادعى أن الشرع يُكذب ذلك فقد كذب على الشرع، وليس في الأدلة الشرعية ما ينفي ذلك
        “Tidak ada satupun ulama islamyang mengingkari jin bisa masuk ke badan orang yang kesurupan dan lainnya. Orang yang mengingkari hal ini dan mengklaim bahwa syariat mendustakan anggapan jin bisa masuk ke badan manusia, berarti dia telah berdusta atas nama syariah. Karena tidak ada satupun dalil syariat yang membantah hal itu.” (Majmu’ al-Fatawa, 24:277).

      • firmanpratama berkata:

        berpegang teguhlah kepada alquran dan sunnah rasul sahabatku…:)…

      • Koko Puko berkata:

        gmn pa? apa bapa pnya hadist yg menjelaskan kesurupan itu tidak ada/hanya lebay saja?? kalau ada mohon ditampilkan dan mohon dilampirkan riwayatnya.. trmakasih

      • firmanpratama berkata:

        maaf..coba deh anda lihat lagi..yang anda tulis itu bukan hadist mas..:)..belajar lebih dalam lagi ya..mumpung masih muda, saya berani menulis karena banyak alumni2saya yang belajar AMC menerapkannya kpd orang yang dianggap kesurupan ternyata berhasil..Anda perlu “iqra” lagi yang benar. Dan kalau anda mau bisa belajar juga AMC, oh ya..yang belajar AMC juga dari para uztad dan pimpinan pondok pesantren lho..

      • Koko Puko berkata:

        maaf ya pa emang siapa yg bilang itu hadist?? saya tau ko hadist itu apa. kan dstu tertulis itu fatwa tokoh ulama muslim. monggo di baca lagi dengan seksama ya pa mungkin perlu bapa “eja” biar lebih fasih mumpung masih ada umur untuk belajar..

      • firmanpratama berkata:

        lho kan anda yang minta saya untuk memberikan hadistnya hehe..sementara anda sendiri tidak bisa memberikan hadistnya tentang kesurupan..monggo silahkan..:)

      • firmanpratama berkata:

        cerdaslah dalam menjalankan ISLAM mas..:)…atau anda perlu ketemu saya agar membuka hati anda agar memahaminya benar,jernih dan santai…hehe..

      • Koko Puko berkata:

        hehe pa saya bukan anak kecil yg gampang percaya bgtu saja. bapa bilang ada anggota bapa yg jadi kepala suku dayak. nama sukunya apa? dari kalimantan mana? sekarang bilang lagi kalo anggotanya dari pesantren. belajar apa engga dia di pesantren? berapa lama? logika saja pa.. kalau orang taat agama pasti dia percaya kalau ayat di al-qur’an itu sebagai sarana pengobatan. titik

      • firmanpratama berkata:

        iya sudah kalau gak percaya ya gpp..:)..anda bisa add saya di fb ya untuk melihat itu semua, atau klik di http://www.firmanpratama.wordpress.com, saatnya Indonesia lepas dari semua hal mistis itu..agar menjadi bangsa yang cerdas dan lebih membanggakan..

      • Koko Puko berkata:

        trimakasih undangannya pa. saya tahu ini blog tentang apa dan saya sudah membaca prolog yang bapak lampirkan dan saya sudah tau apa yang terjadi apabila saya memenuhi undangan bapa. dan itu juga sangat bersebrangan dengan akidah saya. saya cukup shalat dan membaca al-quran itu sudah lebih membuat pikiran saya jernih. hehe

      • Koko Puko berkata:

        mistis itu sudah budaya di indonesia dan islam perchaya ghaib itu ada. kalau bapa mampu melepas indonesia dari hal mistis 100% saya acungi 2 jempol.

      • firmanpratama berkata:

        alhamdulillah..sudah mulai banyak 2tahun ini..sudah banyak alumni2AMC yang “berdakwah” langsung menyadarkan bangsa ini..ISLAM Memang ada gaib,tapi gaib yang selama ini dipercaya di Indonesia berbeda dengan gaib yang ada dimaksud di Al-Quran sebenarnya..:)

      • firmanpratama berkata:

        saya hanya menyampaikan saja lewat blog2 saya, lewat seminar2saya,juga sedang dalam persiapan cetak dibuku2saya..hidayah kepada masing2 indvidu itu saya serahkan ke ALLAH dalam memberinya,.

      • Koko Puko berkata:

        ya.. jaman sekarang banyak yg mengaku muslim tapi akidahnya “0” bahkan malah mempengaruhi akidah yang lain dengan asumsi yang mereka yakini. sangat di sayangkan.

  27. Ridlo berkata:

    aslmkm. Pak Firman, apa anda percaya kalo al-Quran itu bisa utk obat mnyembuhkan berbagai pnyakit (baik Rohani maupun Jasmani), termasuk mengusir Jin baik dalam tubuh manusia ato diluar tubuh manusia?. mksh

  28. cupliz berkata:

    kalo tdak ada fen0mena
    kesurupan atau
    kerasukan makhluk halus,
    trz knpa islam
    mengajarkan ruqyah
    sar’i,? seperti yg
    rasulullah lakukan.!!
    d dalam hadis sahih
    ketika rasulullah bertemu
    seorang yg d rantai
    tangan kakix krna
    meronta2 yg d aggap gila
    oleh kaum, rasulullah
    meruqyah dg alfatihah
    dan org tsb sembuh. (HR. Abu Dawud no: 3420
    dan An-Nasai no: 1032, Syaikh al-
    albani berkata: hadits ini adalah
    sahih).

    apakah anda meragukan
    ruqyah yg dlakukan
    rasulullah.??

    d tggu jwbnx wahai saudara muslimku.

    • firmanpratama berkata:

      ruqyah adalah proses mendoakan..sama denga ketika perut anda sakit, lalu ibu anda mengelus2 perut anda, sambil mengatakan “sembuh ya, perutmu sehat sekarang”…sama seperti itu..hanya ketika Rasulullah menggunakan bahasa arab karena memang beliau di Arab..

    • Nurdin berkata:

      Saya sependaPat dengan Pak Pirdaus dan pak Cupliz sepertinya pak firman sudah dirasuki syetan yg menyesatkan,,,jadi pemikiran pemikirannya seperti yg tdk waras haha

  29. dasziel berkata:

    Anak saya berusia 3 tahun bagaimana mungkin bisa melihat melakukan hal “lebay” itu secara natural ? Atau istilah kerennya anak indigo , bagaimana hal hal seperti itu hanya “pemikirannya” saja mohon penjelasan mungkinkah sakit jiwa? Kami keluarga berpendidikan tinggi tidak suka dengan hal yg mistis, saya ingin anak saya sembuh

  30. REDI SANJAYA berkata:

    ASALAMUALAIKUM PAK FIRMAN..

    ADA SEDIKIT PERTANYAAN SAYA TENTANG KESURUPAN,,JADI SETIAP DATANG KE SEKOLAH ADIK NYA TEMAN SAYA SELALU KESURUPAN,,JADI PENANGANAN YG BENAR GMNA YA PAK..UDAH 1 MINGGU GAK BERANI SEKOLAH,,
    SAYA TEKAN PAKAI BATANG KOREK API DI TELAPAK KAKI NYA DIA MERINTIH2 KESAKITAN SAMPAI KE OTAK NYA,, TAPI SAAT SAYA TEST TEKAN DG TELAPAK KAKI ORG LAIN,,GAK ADA REAKSI SAMA SEKALI,,
    MENURUT BAPAK INI BENAR2 ADA JIN YG MERASUK BERSEMAYAM DITUBUH PENYEBAB KESURUPAN ATAU MEMANG LEBAY2 AN..
    MOHON DIJELASKAN PAK.. AGAR SAYA TIDAK SALAH DLM PENANGANAN

  31. Ermoz berkata:

    dalam islam kesurupan itu ada. Dan orang yang kesurupan itu dikontrol oleh jin.
    bahkan sebagian ulama sepakat kesurupan itu ”benar2 ada”. jadi jangan katakan kesurupan itu hanya ”lebay”! Mengenai agama ulama lebih tahu daripada ”hanya seorang dosen” yang hanya mengerti keilmiahan.
    Secara ilmiah penyembuhannya ya bisa dengan menggunakan metode anda, tapi bagi ahli agama ya dengan metode ruqyah. Tidak ada yang salah jika caranya sama2 untuk penyembuhan. Tapi pengingkaran terhadap kesurupan jin itu yang tidak bisa diterima, apalagi ngakunya ”muslim”. Dalam al quran saja ada disebutkan, contohnya dalam surat albaqarah :275.

    • firmanpratama berkata:

      ulama itu apa?ulama artinya..seorang yang berilmu..:)..dan orang berilmu banyak…ilmu=ilmiah..:)..cerdaslah umatku..

    • firmanpratama berkata:

      setahu saya arti dari albaqarah 275 membahas tentang jual beli, artinya ini kan “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”, kalau mengutip harus lengkap dan jelas. Diayat itu juga ada kata “sepertI” dan “lantaran”

      • koko berkata:

        Maksud surat al-baqarah ayat 275 yaitu : Orang makan Riba akan dibangkitkan di hari kiamat bagiakan orang gila yang kesurupan.”
        Hal ini menunjukkan bahwa Alquran telah mengkonfirmasikan adanya pristiwa kesurupan. Bacalah al-qur’an dengan sebenar-benarnya ya ..🙂

      • firmanpratama berkata:

        perhatikan arti ayat itu dengan benar, kesurupan memang ada, tapi bukan karena ada yang masuk, tapi karena pikiran dia sendiri…:)

  32. REDI SANJAYA berkata:

    terima kasih pak.. atas penjelasan nya

  33. wah pak, dari cara penanganan bapak itu kayaknya untuk gejala histeria, kesurupan itu memang benar2 ada pak, kalo yang bersangkutan matanya melotot, tingkah lakunya tidak rasional, bisa ngomong bahasa2 asing, nah itu ciri2 kesurupan. tapi kalau yang bersangkutan teriak2 histeris, menangis, matanya masih suka merem, nah itu gejala histeria pak… begitu pak menurut sepengetahuan saya mengenai perbedaan histeria dan kerasukan

    • firmanpratama berkata:

      sama saja pak…:)..

      • bugis berkata:

        Pemahaman anda beda, terjadinya kesurupan karena kosongnya pikiran seseorang dan melemahnya fisik sehingga jin bisa merasuki tubuh manusia. Dan penangannya dengan cara menarik jin keluar menggunakan kekuatan batin yg ada didalam diri orang tertentu diserta bacaan tertentu. Saya hanya meluruskan menurut pengalaman saya sendiri

      • firmanpratama berkata:

        padahal yang anda lakukan sebenarnya hanyalah menenangkan pikiran orang itu..hehe

  34. HARI YANTO berkata:

    Saya dulu seperti bapak tapi saat saya mengalami sendiri.Istri saya yg kerasukan baru aku menyadari bahwa yg bapak bilang tadi salah semua…..MOHON MAAF JIKA SAYA TIDAK SEPENDAPAT

  35. Koko Puko berkata:

    ghaib memang tidak bisa di jelaskan secara logika. wajar jika orang terpelajar seperti bapa yakin apa yg di pelajari . namanya jg kuliah pola pikir seseorang akan berubah seiring apa yg ia pelajari. mungkin contoh kasus gaib di lapangan yg bapak temui hanya segelintir saja atau luarnya saja. apa bapa prnah riset ke tanah banten atau kalimantan ? tentunya disana masih kental dengan hal semacam itu.

    • firmanpratama berkata:

      saya punya alumni AMC yang mantan ketua suku dayak..dan dia akhirnya menyadari tentang kesalahan “persepsinya” selama ini..:)..saya berani menulis karena pernah merisetnya..ghaib sangat bias dijelaskan dengan ilmu pengetahuan…:)

  36. Bapak Firman Yth. Saya ingin bertanya. Untuk peserta yang kesurupan di Masih Dunia Lain yang dinetralkan dengan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Kang Arif ataupun oleh Citra, Sara, dkk apakah mereka salah cara? Padahal setelah dinetralkan dengan cara seperti itu peserta normal kembali.

  37. Koko Puko berkata:

    Dan sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam:
    « إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِى مِنَ الإِنْسَانِ مَجْرَى الدَّمِ ».
    “Sesungguhnya setan itu berjalan dalam tubuh manusia seperti mengalirnya darah”[8].

  38. bang_yudi berkata:

    baru kali ini saya menemukan tulisan yang dari dulu saya cari dan kayaknya cuma pak firman yang berani membuka ini walaupun dimasyarakat kt ya masiih seperti ini,semoga bapak diberikan kekuatan untuk terus mencerdaskan dan membuka mata kami semua

  39. muamar mujab berkata:

    Pak firman, saya mau nanya kalo kesurupan itu ” disebabkan oleh dirinya sendiri “, Tapi ketika yang kesurupan masal/banyak sebabya ” itu ” juga pak?

    • firmanpratama berkata:

      kesurupan massal, pasti yang usia sebaya sebab secara emosional merasa saling memiliki, apalagi kalau yang masih remaja dan abg itu..tapi kalau anda lihat, dalam satu kelas tidak semuanya kesurupan,iya kan

  40. sudarmanto berkata:

    saya tertarik dengan bisikan yang mas firman ini sampaikan ke orang kesurupan, logis sekali. Tapi, saya baru percaya ke penjelasan anda kalau saya sudah mencobanya, dan saya mau mencoba teknik anda ke orang kemasukan

  41. sekhfudin berkata:

    assalamualaikum ikhwani fillah..

    dengan rasa hormat sya sependapat dengan bp firman, dan dengan rasa hormat pula sya mohon teman2 untuk mengkaji islam lebih dalam..
    kita sebagai ummat islam banyak dalil nash dan sunnah terkait kewajiban menuntut ilmu.
    ilmu yang spt apa?? islam itu rakhmatan lil alamin, islam itu dien/ aturan.
    ibadah kpd Allah swt bukan hnya sebatas ritual saja (shalat,puasa,dll) tapi mencakup global selama kita masih diberi hidup & akal utk berfikir.. itulah islam.
    kita sebagai umat islam & ingin mnjadi ummata sayidina muhamad tentu harus berpatokan pada al qur’an & sunnah.
    islam tdk mengajarkan mistis, klenik, dsb.
    islam hanya dien/aturan yg jika kita mengikuti syara’nya insya allah selamat.
    untuk itu, mari berusaha kita buang jauh2 doktrin yg seolah- olah islam itu agama mistis (dzikir asma allah nanti bisa kebal…ideologi spt ini harus di buang).

    wallahu a’lam

  42. Arnol schwasanazegger berkata:

    Ada yg di beri cara penyembuhan dgn cara islami /ruqyah spt yg di ajarkan Rosul,ada dgn baca mantera spt para dukun tkg sihir ada pula dgn salib atw ayat2 bible seperti di barat dst kalo berhasil maka mereka tambah percaya dan yakin bahwa cara merekalah yg bisa mengobati dan memberi solusi .maka wajar kalo masing2 menganggap caranyalah yg benar yg lain salah hanya saja sbg muslim kita hrs yakin bhwa apa yg di ajarkan Rosululloh SAW itulah yg benar.kalo pun ada ulama atw ahli terapi yg mengajarkan cara penyembuhan lain,sepanjang tidak bertentangan dgn syariat islam tak masalah. Jwban asli bikin ngaKak ; kalo ada yg tiba2 bisa bhs cina katanya kerna banyak nonton felm cina. lha kalo ada yg tiba2 ada org krempeng jadi bertenaga besar berarti banyak nonton felm hercules ato super hero ya pa he he

    • firmanpratama berkata:

      saya juga ngakak membaca komen anda..karena anda belum memahami…:)

      • koko puko berkata:

        Sepertinya pa firman blm prnah riset untuk orang krempeng kesurupan jadi kuat.. jd blm ada argumen, mkanya balesnya gtu doang. Hehe

      • firmanpratama berkata:

        ya begini kalau tidak kenal maka tidak sayang…ketika seseorang yang tidak pernah lari,lalu dikejar anjing maka saat itu juga dia bisa lari secepat2nya…sama halnya dengan orang krempeng itu…:)…seperti yang ada di “permainan” kuda lumping dan lain2nya..

      • Juve berkata:

        asli ngakak liat jawaban gara2 suka liat film cina katanya, ga masuk akal jawabannya, jawaban karena kepepet itu pasti karena gabisa menjelaskan lagi.

        menurut saya ajaran pa firman ini sudah mulai menyimpang, karena saya saksi barusan td malam ada kesurupan massal, masa dibilang LEBAY massal?
        klo ga ada kaitannya dengan mahluk gaib kenapa yg kesurupan bisa dirasuki jin dari riau dan tiba2 dia bisa bahasa riau, padahal org nya msh anak2 dan jelas org asli kalsel dan tidak pernah berhubungan dgn org riau, bagaimana bapak bisa menjelaskan kalau itu hanya LEBAY?

      • firmanpratama berkata:

        menyimpang dari kesesatan ya..hehe..anda bilang seperti itu karena memang belum paham…:)

      • koko puko berkata:

        Kl itu namanya insting pa firman. Insting melindungi diri. Bukan harus kesurupan dlu baru bisa lari. Jadi analoginya tidak tepat untuk hal ini.

      • firmanpratama berkata:

        insting?jangan2,bilang insting tapi gak tahu artinya :):) anda berbicara menggunakan ilmu yang terbatas,pemahaman yang terbatas…sehingga wajar seperti in..hehe.

      • koko puko berkata:

        Logikanya saya aja kl di kejar anjing pasti lari pa.. sama halnya kaya bapa mungkin.. skrang kl bpa punya argumen ya kemukakan. Jgn argumennya hanya bilang ilmu kita blm sampelah. Itu terkesan malah bapak tidak berilmu.. karna bapa tidak bisa menjelaskan apa yg saya kemukakan.

      • firmanpratama berkata:

        saya bisa menjelaskan detail kalau kita bertemu dikelas dong…:) anda melihat dengan keilmuan anda…yang memang sebatas itu, sementara saya memandang lebih komplek..hehe..jadi memang tidak pernah ketemu pendapatnya..silahkan anda berpendapat seperti itu sesuai dengan “pengetahuan” anda,sedangkan saya dengan pengetahuan saya…:)

      • koko puko berkata:

        Haha seperti biasa, pa firman kl tidak punya argumen jwabannya selalu monoton. Sama sekali tidak ada kaitannya dengan yg d maksud..

  43. endro berkata:

    sudahlah pak firman dicuekin koko itu,gw mau guling2 baca koment dia.Oy koko,yg kau tau itu masih jauh,main saja kau sana.Gw sering menangani kerasukan dan memang seperti yang pak firman tulis ini full benar, ILOPU pak firman. Gw senang gaya pak firman

  44. Kata Tuhan dalam Kitab : ‘Gangguan Jin dan Manusia’…Mungkin ini bisa dijadikan dasar pemikiran tentang kesurupan..dan bukan hanya fenomena sisi psikologis orang semata…ada adesi dan kohesi dalam fisika..dan karena unsur manusia juga terdapat unsur Alam (dalam badan wadagnya) maka segala hal yang berbau ‘mistik’ (seakan-akan itu nggak ada..) itu benar-benar terjadi…..karena telaah akal bisa menjelaskan tentang itu….Gaib itu karena belum ketemu…klo sudah ketemu itu jadi biasa…sama seperti sinyl televisi…HP….Satelite dll…Jadi Kesurupan itu bukan hanya ‘Lebay’…itu hal wajar..dan bisa melibatkan sisi manusiany atau sesuatu diluar dirinya….dan ketika kita mau mengurai tentang Sejatinya Hidup pasti ketemu…Nuwun.

    • firmanpratama berkata:

      setuju, kalau sudah ketemu maka semua itu hal wajar dan biasa, juga termasuk kesurupan. Itu sangat wajar dan biasa saja..karena saya sudah “ketemu” rumusnya, sama halnya dengan HP,satelit dll (kebetulan saya juga praktisi telekomunikasi hehe)

      makanya menanganinya ya biasa saja..gak usah pake aneh2. Benar ada faktor dari dalam dan luar. Faktor dari dalam adalah pikiran orang itu sendiri yang ingin mencari perhatian, faktor dari luar karena ada tekanan,stres, mau ujian, minta naik gaji, lelah dkk..:)

  45. watno berkata:

    berbagi pengalaman,sya membaca tulisan ini sudah lama.Sya seorang guru matematika SMP. Waktu outbound ada 5 anak murid kelas 9 (4laki2,dan1 perempuan)yang langsung teriak-teriak,ada yang suara berubah jadi nenek,ada juga yang spt macan,mengaum. Ada guru agama yang ikut saat itu mncoba mengatasi tetapi tetap seperti itu. Dengan percaya dr sy berani mendekati ke 5 anak itu. Sy dekati satu anak yang memang lebih parah kesurupannya.Sya dekap dia,sya peluk dia lalu sya katakan ke dia “tenang kamu,kamu boleh ngga ikut ulangan matematika,sya kasih nilai 8″, langsung anak satu ini tenang dan seperti ngos2an,hebatnya lagi yang 4 anak tadi juga diam dan tenang. Pak Firman, apa langkah sya ni sudah benar?

  46. esyafaat berkata:

    kalau ada OB kesurupan, bisikin aja “udah diem.. saya kasih uang 50rb, deal ? ”

    gitu kira kira ya pak🙂

    • firmanpratama berkata:

      hehe..bisikin yang menenangkan dia..kalau dia ada beban hutang 2juta, dibisikin 50ribu,malah tambah marah hehe…

      • esyafaat berkata:

        hehehe kan kita belum tau problem dia apa…oiya maaf saya harus sebut OB ya…entah kenapa beberapa kali saya lihat orang kesurupan jenis pekerjaannya OB.. sekali lagi maaf bukan menunjuk ke jenis pekerjaannya.

        tapi i got your point…termasuk teman teman yang “kontra” dengan pak Firman.
        saya akan lakukan dua pendekatan itu..bagi saya tidak ada salahnya berdoa dengan ayat ayat agama kita masing masing. dan tidak ada salahnya melakukan pendekatan “negosiasi” gaya pak Firman. yang penting niatnya membantu.

      • firmanpratama berkata:

        nah…yang sering kesurupan, OB kan..dkk.Ada kah sekelompok manager dan direktur yang kesurupan?hehe. Silahkan dengan ayat2 gpp..tapi begitu si OB tetap seperti itu, tolong STOP menyalahkan ayatnya apalagi mengatakan jinnya lebih kuat dari ayatnya hehe..ini yang membuat melemahkan akidah..

  47. ariansyah berkata:

    sebagai muslim saya percaya kesurupan karna ada d alquran n hadist sahih,malah ilmu hipnotis,mind control seperti ini y omong kosong,alpa mind apany..

  48. Rendy berkata:

    Benar sekali, kesurupan itu bukannya karna kesurupan melainkan lebay

  49. Andri berkata:

    Assalamualaikum….
    keren bgt artikelnya…pak firman.semua ada karena mereka ada dalam fikiran..masalah kerasukan tak ubahnya seprti ilmu nyambat..dulu aku pake puasa sama wirid saking mau menguasai sambatan,hadiran silat karomah dll..tp setelah tau tehnik dan system ilmunya hahaha…dulu trnyata sy lebay sekali..bsa ngontak khodam macan,harimau dll..dan langsung kesurupan.

    benar seperti yg pak firman bilang org kesurupan itu lebay..
    alasan nya gini,stlh sy tau bahwa ilmu metafisika modern sy test mengajarkan tehnik sambatan pd pemuda2 dikampung sya…tdk smpe 5 menit mereka trance/kesurupan macan ,harimau,ular dll sesuai apa yg mereka akses.mereka jd heran koq ga pake wirid bsa langsung jadi ya,…itu pertanyaan mereka.lalu sy kasih penjelasan bahwa semua ilmu kesaktian sudah ada dlm diri kalian dan bsa kalian manfatkan dg mudah,ga pake puasa wirid tdk ada proses pemasukan khodam jin dll…yg ada hanya membuka file2 dalam memory otak /pikiran kita ,semua ilmiah.prosesnya sama dg kesurupan pun demikian,wong org nyambat itu sama dg org kesurupan koq…wah saya jelasin susah pake tulisan,ribet nulis nya…hehe..intinya…pencinta metafisika indonesia jd korban pembodohan tanpa disengaja..
    tetap semangat pak firman,biarkan koko mengonggong hahahahaha..

  50. danus hasannah berkata:

    Anda terlalu sombong pak, Tidak semua kerasukan/ kesurupan itu lebay. mungkin beberapa kasus benar adalah “lebay”. Tapi tidak semuanya. ada yang benar-benar kerasukan jin. karena memang jin itu nyata dan kerasukan adalah salah satu upaya mereka untuk menyesatkan. Sudah banyak komentar yang mencoba untuk menyadarkan Anda dari kesombongan Anda. Mungkin Anda berhasil menyembuhkan, karena jin yang merasuki pasien2 Anda menjadikan ini sebagai salah satu peluang untuk menyesatkan banyak orang sehingga orang tidak lagi percaya bahwa kerasukan jin itu nyata. Ya. Mereka para Jin itu melihat peluang itu di diri Anda.
    Bagi yang percaya bahwa jin juga bisa merasuki, tetaplah pada akidah. sungguh, sangat tipis sekali perbedaan orang yang beriman dengan orang2 yang teresatkan.

    • firmanpratama berkata:

      kalau anda mau memahami lebih dalam maka anda baru tahu yang sebenar2nya…justru ketika kita mendalam akidah Islam dengan benar kita akan sangat tahu betul, tentang jin itu..dan bukan seperti yang anda pahami skrg..hehe..

  51. akui berkata:

    jawaban anda mungkin masih meragukan dari komentator2,igatlah pikirkan secara mendalam,cari lebih tau lagi ,bukanya saya menuduh AMC bpk termasuk menyimpang ajaran islam,semuanya perlu mendalam lg jgn sampe kepercayaan membuat memudar tentang islam kelak pada akhirnya,ingatlah permainan yahudi pda masanya.. sampai detik ini mugkin masih banyak yg ingin turunkan derajat agama kita,saya doakan saja bpk berada di jln yg benar,sekali lagi bukanya saya menuduh yg tdk2 sma bpk dan AMC yg anda ikuti,

  52. Gunawan Wibisana berkata:

    AMC ini apa hubungannya dgn Ego State ya? Saya sih percaya kekuatan pikiran bisa membuat orang mencapai suatu kondisi atau hasil sesuai dgn apa yg dia inginkan. Krn di dalam kekuatan pikiran kita, disitu juga terdapat gaya/energi dahsyat yg selaras dgn alam sekitar.

    Terus terang saya tertarik membahasnya sbg bahan aplikasi saya untuk memperkuat energi positif agar membantu saya dalam pekerjaan saya.

  53. kotabaru kalsel berkata:

    saya tertarik dan bersimpati sekali,tentang artikel pak FIRMAN,juga jawaban2 simple n sederhana dr smua prtanyaan pengunjungnya,saya jga menghargai smua pndapat yg ada,mezki ad beberapa yg emozi,wajar..mereka jga punya wawasan dan pendapat yg mereka yakini,jujur saya cuma lulusan SMA,pendidikan formal kurang,pengetahuan agama minim,jadi dalam hal ini saya bingung,pendapat dan argumen siapa yg mezti saya percaya,mohon dibimbing

  54. kotabaru kalsel berkata:

    makazih atas penjelasannya pak,truzlah berkarya prokontra itu biaza

  55. areguna berkata:

    Pak firman ini teman saya dia seorang pendeta jadi kami gak kenal ruqiyah yg kami itu babtis

  56. cacan berkata:

    salut buat pak firman. buat pak koko kelaut ajee pak wkwkwk

    • koko berkata:

      Adapun dalil dari Sunnah Nabi—shallallah ‘alaihi wa sallam bahwa beliau pernah mengajarkan doa yang berbunyi:”
      اللهم إني أعوذ بك من التردي والهرم والغرق والحرق وأعوذ بك أن يتخبطني الشيطان عند الموت
      Ya Allah sesungguhnya aku berlindung padamu dari bencana jatuh dari tempat yang tinggi, bencana pikun, bencana tenggelam dan terbakar, Aku berlindung padamu agar jangan dirasuki syaitan ketika akan mati”.

      Berkata al Imam Almunawi dalam kitabnya (faidul qadir 2/148):”dalam menafsirkan hadis “Aku berlindung padamu agar jangan dirasuki syaitan ketika akan mati” maksudnya yaitu agar dia (syaitan) tidak merasukiku dan mempermainkanku dan merusak agamaku serta akalku”.

      • firmanpratama berkata:

        perhatikan lagi pengertian itu dengan benar, anda harus tahu dulu, apa itu syaitan..:)..apa itu dirasuki, janganlah langsung mengambil apapun tanpa berpikir lebih dalam, al quran menyuruh anda “iqra”, artinya membaca, bukan hanya membunyikan saja..

      • iwan banyuwangi berkata:

        hai.. koko pulang sono
        dicari emak loe dari kemaren
        warnet aja loe sampe lupa rumah

      • koko berkata:

        Bro iwan@ jaman gni masih aja internetan k warnet. Dkmar sndri jg bisa intrnetan bro. Masih idup d gunung ya? Wkwkwkwkwk

    • koko berkata:

      Adapun para dokter yang jahil yang mengganggap kezindikan adalah keutamaan, maka mereka mengingkari kesurupan ruh, mereka tidak mengakui hal tersebut dapat memiliki efek terhadap orang yang kesurupan, hal ini tidak lain karena kejahilan mereka, pada hakikatnya ilmu kedokteran tidak dapat menolak adanya hal ini, bahkan realita menunjukkan kebenaran hal ini…orang yang memiliki akal dan pengetahuan tentang ruh-ruh jahat(Syetan) dapat mempengaruhi manusia, akan tertawa dari kebodohan mereka dan lemahnya akal mereka…kesimpulannya jenis kesurupan ini dan cara menterapinya adalah hal yang tidak dapat diingkari kecuali segelintir orang yang tidak berilmu dan berakal.(zadul Ma’ad 4/67-69).
      adapun pengobatannya adalah dengan cara di ruqyah dari zikir-zikir yang diajarkan Nabi–shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dengan Alquran.

  57. darma berkata:

    Bapak pernah kesurupan pak sebelumnya ? Trims

  58. LONTHONG BEKAS berkata:

    Wah tulisan yg mencerahkan ..trims mas sudah berbagi info… baru seminggu kemarin di salah satu pemukiman kebun sawit di sumatera barat (solok selatan)…kebetulan saya sedang tugas maintenance jaringan wireless di kantor perkebunan tersebut…dan kaget ketika tugas di hari pertama disuguhkan kejadian ..orang2 setempat lagi nanganin anak sekolah (smp) yg pada kerasukan…..rata2 anak2 perempuan yg kena waktu itu…1 korban bisa dipegang sampe 4 orang…karena meronta dan melawan…ada yang yg sambil baca2…ada yg aksi seperti tenaga dalam….dan ada yg cuma pegang korban sambil tanya2…”kamu siapa..? darimana..? dst…” . Pemahaman saya kemarin sebelum baca blog mas ini..bahwa orang kerasukan itu disebabkan oleh jin yg masuk ke “tubuh” korban…karena berbagai hal…karena korban sering bengong…lagi banyak masalah dan lain-lain….

    Info dari orang2 disana kejadian kerasukan massal ini sudah hampir terjadi 4 bulan..setiap hari ada yg kerasukan..bisa 3 orang sampai 20 orang. Naaa…di hari pertama bertugas…ketika tiba2 gaduh di depan kantor orang2 lagi nanganin anak2 smp yg pada kesurupan….saya langsung melihat kedepan…melihat anak2 tersebut lg ditangani….awalnya saya lihat2 saja…mikir kenapa kok anak2 perempuan smp ini aja yg pada kesurupan tiap hari….sekali lagi mikir saya.

    Untuk menghilangkan rasa penasaran…saya coba2 bantu nanganin anak2 yg kesurupan tersebut. Teknik yg saya pakai adalah memencet sekuat-kuat-nya pergelangan jempol kaki…ya sambil baca2 juga sih…bacaan basmalah dan ta’awud ajah….( biar kayak ustadz2 di tv…wkwkwkwk) . ..pergelangan jempol terus saya pencet …ehhh gak lama langsung ..nglentruk kayak orang lemes ..anak itu dan kemudian sadar. Lalu lanjut anak korban ke-2 …masih dg cara yang sama…saya pencet kuat2 itu pergelangan jempol kaki sekuat-kuatnya…eh..anak itu lemes juga dan sadar….Lanjut lagi ke korban ke 3…dg cara yang sama..eh ..cepet juga sadar-nya..lanjut korban ke-4 …dg cara yg sama…yg korban ke-4 ini…agak lama proses-nya…karena kata orang2 setempat..anak perempuan itu paling sering kerasukan…pokoknya setiap hari kerasukan. Tapi terus saya pencet tuh kuat2 pergelangan jempol kaki-nya…akhirnya berhasil juga dia sadar.

    Naa..setelah korban pada cepat sadar setelah saya ikut turun tangan (ciyee…ciyeee…) ..ada ibu2 dikantor tersebut bilang …”mas ..mas, padahal sdh 2 kali saya baca surat yasin anak perempuan korban ke-4 itu gak sadar-sadar…eh..mas datang cuma sebentar doang pencat-pencet jempol aja..langsung sadar itu anak yg kerasukan”. ..Wkwkwkkwkw…saya ketawa aja dalam hati…padahal saya juga gak pernah berguru secara khusus. Beberapa puluh tahun yg lalu saya cuman pernah dikasih tahu teman..kalo ada orang kerasukan ..pencet aja tuh pergelangan jempol kaki kuat2. Gak tahu kenapa mesti jempol kaki…kenapa gak hidung si korban aja dipencet…biar sekalian komedo-nya mecothot keluar….wkwkkwwkkwkw.

    Kalo logika saya kenapa anak2 korban kesurupan tadi cepet sekali setelah saya tangani dengan memencet kuat2 pergelangan jempol kaki….karena supaya si korban mempunyai kesadaran fisik sendiri merasakan sakit ketika jempol kakinya di pencet dan diplintir-plintir…karena sadar akan sakit di jempol tadi…dan ngomong sakit..berarti dia sudah sadar.

    Dan menurut pendapat saya… setelah baca blog ini…bener deh…orang kerasukan itu pada dasarnya atas kerasukan jalan pikirannya sendiri. Kalo jin itu merasuk ke tubuh orang….apa bedanya orang kerasukan dengan orang gila/stress.

    Dalam kesadaran yg sadar..masing2 kita pun juga sering “kerasukan” jin keserakahan..ketamakan..sombong..jahil dan lain-lain.

  59. iwan banyuwangi berkata:

    banyuwangi menunggu pak firman. monggo kalo ada waktu dari bali buka seminar di banyuwangi sy ingin lebih jauh tentang alpha mind control. kbtulan saya anggota aclak magician banyuwangi
    yg juga mempelajari hipnosis & hipnoterapy.

  60. Jerry berkata:

    Untuk membuktikan bahwa kesurupan itu “LEBAY”, coba Bpk ikut acara MDL di TRANS7..

  61. Wahai para muslim dan saudaraq semua ahirilah perdebatan ini,ini semua sama sekali tidak menguntungkan,,semua yg sy baca dari setiap kata yg kalian tuliskan sebagian besar adalah tentang kepandaian manusia,dalam arti lain saling menunjukan kepandaianya
    Perbedaan pendapat itu hal wajar antar sesama manusia
    Tetapi takdir dan keputusan yg maha kuasa adalah pasti
    Pertahankanlah kepercayaan masing”
    Tetapi jgn sampai lupa bahwa segala hal yg terjadi d dunia bahkan di akhirad adalah kehendak ALLAH.
    Jadi pasrahkan saja pada yg maha kuasa karna pasti ad hikmah yg akan kita dapat dari segala hal yg kita alami.tetapkah berpegang teguh pada agama dan kepercayaanmu insyaallah akan d tunjukan jalan dlm menghadapi segala hal

  62. リキ berkata:

    hmm, saya cuma minta sedikit nih, untuk pak firman “yang katanya dosen” tolong ente kasih videonya “Orang yang katanya” kesurupan itu yang anda sembuhkan. Dengan cara anda sendiri. Yg anda terapkan panjang lebar di atas. Krna setahu saya dosen dosen itu hanya pandai di teori saja. Mungkin anda bisa membuktikan dengan video. Baru saya percaya dengan yang anda katakan di atas. kalau hanya ingin meneakkan seminar, semua jg bisa asalkan ada modal. Saya butuh bukti video ya. Terimakasih ya “yang katanya” pak dosen.🙂

    • firmanpratama berkata:

      nanti kalau dikasih video, bilangnya sdh di rekayasa..:)..kalau anda bilang hanya teori, bagaimana kalau anda praktekkan ke teman anda yg kesurupan..agar anda paham..

    • firmanpratama berkata:

      nanti kalau dikasih video, bilangnya sdh di rekayasa..:)..kalau anda bilang hanya teori, bagaimana kalau anda praktekkan ke teman anda yg kesurupan..agar anda paham..kalau masalah dosen yang katanya pandai di teori saja, hmm..itu mungkin anda iya kalau jadi dosen..:)..

  63. lydia berkata:

    pak saya ingin sekali bertanya kpd bapak mengenai kakak saya yg sampai hari ini belum kunjung sembuh. Kami sekeluarga sudah susah payah kesana kemari menghabiskan biaya yg tidak sedikit.
    Akan sangat panjang jika saya tulis kronoligisnya disini, bisakah jika saya meminta nomor telfon bpk bahkan alamatnya jg boleh. Mohon pertolongannya ya pak.

  64. lydiakatarina berkata:

    pak saya ingin meminta nomor telfon bapak bahkan
    alamat bpk jg tdk apa apa. Saya sungguh ingin berkonsultasi mengenai kakak saya. Mohon pertolongannya pak

  65. Dede suhendar berkata:

    Maaf pak kalo untuk terapi bagi yg mudah histeris gmn ya pak?

  66. Postingan yang bagus,, tapi menurut saya kesurupan itu emang ada, yang dimaksud kesurupan sesuatu makhluk ghoib masuk ke dalam tubuh kita, contoh kecilnya seperti orang kena santet, yang tiba2 perutnya bengkak dan meninggal, dll, kalau reaksi hasil dari pikiran bawah sadar yang tertulis di postingan bapak, itu namanya bukan kesurupan, karena itu emang hasil dari dirinya sendiri, dirinya sendiri yang mengijinkannya melakukannya untuk terkesan seperti orang kesurupan, orang intinya ada perbedaan antara terhipnotis sama kesurupan

    • rohmansholata@yahoo.co.id berkata:

      A’udzubillahiminasyaitonorojim..
      Kesurupan itu ada 2.. Bahasa saya
      Ada kesurupan ringan.
      Ada kesurupan berat..
      Yg bpk tangani itu kesurupan ringan.(gangguan dlm diri) bisa medis.
      “nsya Allah” bpk bertemu dgn kesurupan berat.( gangguan dr luar diri) yg mesti penanganannya dengan diri yg bersih, hati yg bersih, fikiran yg bersih.. Tentunya dibantu dgn Alqur’an pedoman muslim..
      Semua terjadi atas kehendakNya.. Subhanallaaahhh..

  67. Robertus berkata:

    Slam damai.saya mohon maaf ikut share juga…
    Dalam Katolik kerasukan itu tidak pernah bisa dilepaskan dari dua unsur ilmiah dan gaib. pertama-tama korban yang dinyatakan “kerasukan” diperiksa tanda-tandanya supaya tahu asli atau tidak karena pada kenyataannya sebagian besar kerasukan itu hanya kasus “histeria” bukan kemasukan sesuatu. yang terjadi selama ini dalam umat umat katolik 90 persen kasus kerasukan itu hanya peristiwa “histeria”. sangat jarang sekali terjadi kerasukan asli,meski katolik tidak memungkirinya.. Logikanya iblis,setan,dan roh-roh jahat lebih senang bekerja mempengaruhi secara tidak kelihatan ketimbang menampilkan diri secara kelihatan(kerasukan).iblis lebih suka menggoda manusia berbuat salah dan jahat daripada menyerang fisik secara langsung.

    katolik punya ritual pengusiran setan karena tidak bisa dipungkiri bahwa “mereka” itu ada. hanya prosedurnya lebih rumit yaitu tadi korban akan diteliti secara mendalam dan kemudian diserahkan kepada medis termasuk psikolog untuk memeriksa apakah ada tanda penyakit jiwa…jika medis tdk mampu menjelaskan keadaan korban..dan tanda2nya kuat barulah di adakan eksorsisme…itupun belum tentu pasti berhasil tergantung iman sipendoa(iman yg tdk munafik) dan iman si korban(pasrah tidaknya pada iblis yg mengikatnya)

    kerasukan pun dalam katolik ada levelnya:
    1. kerasukan Iblis(high)sangat jarang terjadi karena iblis itu merasa dirinya lebih tinggi dari manusia/sombong..jdi mana mau dgn gampangx masuk2 tbuh manusia

    2.kerasukan setan(medium) anak buah dari si iblis
    3.kerasukan roh sesat(easy) roh manusia yang masih belum lunas utang dosanya sehingga belum bisa sampai ke surga jadi merasuki untuk minta tolong didoakan
    4. kerasukan khayalan(histeria)bisa disebabkan luka batin, stress,dan keputusasaan

    demikian ,mf kalo ada yg salah seperti inilah yang saya ketahui menurut yg saya pelajari di agama saya

    “Memilih tidak percaya kepada Iblis, tidak MELINDUNGI mu darinya”

  68. Robertus berkata:

    Slm damai. Saya Katolik,dalam Katolik dikenal ritual eksorsisme. Kerasukan ada tingkatannya:
    1. Kerasukan iblis
    2. Kerasukan setan
    3. Kerasukan roh-roh sesat
    4. Kerasukan “histeria”

    Perlu penanganan medis terlebih dahulu terutama psikolog untuk memastikan bahwa korban terkena kerasukan tipe 4( hanya karena gangguan kejiwaan/berdelusi)
    Jika psikolog tdk mampu menjelaskan scra medis brulah boleh diadakan eksorsime sesuai tingkatannya.
    Alasan ini dikarenakan sebagian besar kasus yang dilaporkan ternyata terbukti hanya gangguan kejiwaan.demikian silakan kalo ada yg menanggapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s