Hipnoterapi untuk Anak Malas Belajar

hipnoterapi-anak-malas-belajarTiga hari ini, saya kedatangan klien dengan keluhan yang sama, yaitu orang tua yang mengeluhkan masalah anaknya yang terlihat lebih senang bermain dan malas untuk belajar. Kayaknya sekarang memang banyak ya, anak yang senang bermain dan malas belajar, tapi sebenarnya itu adalah wajar sebab dunia anak-anak adalah belajar, apalagi masa-masa remaja  alias abg, tentu masih sangat ingin bermain bersama teman-temannya. Seperti ibu tadi siang yang menemui saya, dia mengeluhkan bahwa anaknya sekarang kalau waktunya belajar malah asik dengan handphonenya, bahkan pernah sampai disita oleh ibu ini,namun tidak membuat si anak berhenti.

Anaknya masih kelas 2 SMP, cewek, dan terlihat sangat senang dengan handphone blackberrnya, bisa dibilang kecanduan nih anak, tapi kayaknya bukan anak abg aja yang kecanduan blackberry, orang dewasa pun masih banyak yang menjadi “autis” dengan perangkat blackberrynya, anda juga mungkin?he.he.Saya selalu mencari tahu dulu dari orang tuanya sebelum menemui anak yang dianggap oleh orang tuanya bermasalah. Orang tuanya yang bingung dan menganggap masalah, sedangkan anaknya terlihat baik-baik aja, ya kan?jadi kalau begitu siapa yang harus dikonseling?anaknya atau orang tuanya?he.he..orang tuanya kan, lah yang pusing dan kepikiran kan orang tuanya, bapak ibunya, anaknya baik-baik aja tetap bermain-main.

membuat-anak-rajin-belajar

Terkadang banyak orang tua lupa, bahwa anak itu akan meniru perilaku orang tuanya lebih banyak, sebab yang dia lihat, dia amati dan lebih sering ditemui adalah orang tuanya, kalau disekolah kan hanya 8 jam aja, selebihnya orang tua. Kalau orang tuanya tidak memberi contoh figur yang baik maka jangan menyalahkan anaknya jika seperti itu, setuju? Kalau orang tua menginginkan anaknya senang belajar, maka orang tua harus mencontohkan juga untuk belajar, misalnya membaca buku bersama anak-anak, lalu ikut belajar, bukannya malah sibuk sendiri dengan gadgetnya, kalau orang tuanya sibuk sendiri dengan perangkat smartphone dan laptop, maka otomatis anak juga akan meniru sikap seperti itu.

Hal seperti inilah yang terkadang tidak disadari oleh kebanyakan orang tua, yang sering dikeluhkan adalah anaknya yang dianggap bermasalah, padahal sumber masalahnya ada di orang tuanya, saya pun melakukan konseling kepada ibu ini, saya coba membuat ibu ini rileks, santai sambil berbincang-bincang dan menyuruh ibu ini untuk mengingat-ingat kembali kondisi dirumah, kondisi orang tua ketika malam hari.

Dan ibu ini terlihat mulai bersuara dengan sedikit pelan bahkan sambil menangis, dia bercerita bahwa dia dan suaminya sering pulang malam, sibuk di kantor, bahkan akhir pekan pun tidak ada waktu untuk anaknya ini. Saat kondisi seperti ini, saya pun memasukkan sebuah sugesti “ibu, kalau ibu sayang dengan anaknya,peduli dengan anaknya maka mulai sekarang ibu usahakan mengatur dan meluangkan waktu untuk anak ibu ini ya”. Ibu ini pun mengangguk, lalu saya menyuruh ibi menarik nafas dan membuat janji dengan dirinya sendiri.

menjadi-orang-tua-yang-baikSatu jam saya bersama ibunya, lalu saya ajak anak cewek ini masuk ke ruangan saya. Sambi membawa blackberry, anak ini memang terlihat asik, saya pun mengikuti keasikannya, sambil mencoba masuk ke pikirannya dengan mengatakan bahwa saya juga punya BB dan memang asik bermain BB ini, karena melihat saya juga bermain BB maka anak ini akhirnya menanyakan ke saya “om..pinnya berapa?”, nah anak ini sudah mau bicara dengan saya. Sambil tetap bermain BB, saya pun bicara ke anak ini, “dik memang mama jarang nemenin belajar kamu”, anak ini menjawab sambil tetap asik dengan BBnya, “ya om, mama sibuk,papa juga,adanya marah-marah”.

Lalu, saya mencoba memberikan sebuah pancingan emosi kepada dia “kalau mama sekarang mau nemenin belajar, kamu mau belajar kalau malam?”, agak kaget anak ini menaruh hpnya lalu menjawab “memang mama mau nemenin aku belajar,kalau mama bisa pulang sore ya aku mau belajar”. Saya jawab “mama sudah om hipnotis tadi, dan mau nemenin kamu belajar, kamu janji ya sama om untuk mulai sekarang dan seterusnya belajar”, dalam hati saya berkata (yes, berhasil he.he.)

Dan..tadi jam 10,ibu ini mengirim sms ke saya yang isinya “terima kasih mas firman, anak saya sekarang belajar, dan terlihat asik ketika saya temanin, saya juga tersadarkan oleh kata-kata mas firman tadi, saya yang terlalu memaksa anak belajar dan itu salah, harusnya dimulai dari kami orang tuanya”

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di hipnoterapi, terapi anak dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Hipnoterapi untuk Anak Malas Belajar

  1. Galuh Condrokirono berkata:

    Kalau anak kelas 2 SD belum bisa baca tulis bagaimana cara penanganannya?

  2. maria berkata:

    Saya mempunyai ank remaja wanita kls 3 smp usia 14 th tp sangat sangat rendah diri super ga pe de selalu negatif apapun di dalam Hdpnya wach saya sudh capek membawa kemana2 utk konseling. Bisa kah saya bawa ank saya utk hipnotherapy dimana bisa saya temukan tempat hipno utk ank2

  3. hadi berkata:

    Bolehkah saya minnta alamatnya yang di jakarta. kalau ada Didepok

  4. chyva putri berkata:

    anak saya kls 2SD,dia trgolong malas belajar dan nulis. konsentrasinya mudah hilang. dan kalau disekolah sering asyik sendiri atau kadang melamun. harus gimana biar dia semangat y?

  5. sulaiman berkata:

    Mohon info apakah besok 2 januari klinik buka?
    thanks
    sulaiman
    08170018001

Tinggalkan Balasan

