Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

kebiasaan-menggigit-kukuPernah melihat seseorang yang sering menggigit kukunya? mungkin teman anda, sahabat atau mungkin diri anda sendiri. Apakah menggigit kuku itu adalah sebuah kebiasaan yang negatif? ya itu tergantung anda sih, kalau jari-jari kukunya sebelum digigit itu sudah bersih sih oke aja kan, tetapi kalau jari-jarinya kotor lalu anda gigit ya otomatis semua kumannya masuk ke dalam tubuh anda, benar kan? wah bisa jadi penyakit. Kebiasaan menggigit kuku sebenarnya akibat masalah dari pikiran seseorang.  Dulu waktu masih SD saya punya seorang teman yang sering kali menggigit kukunya, bahkan sampai SMP dia selalu menggigit kuku, ngga tahu kalau sekarang. Saya pernah bertanya dulu, kenapa sering gigit kuku. Teman saya ini menjawab, “karena nyaman aja pas gigit kuku”

Kenapa saya membahas tentang gigit kuku? karena ada sebagian orang yang menganggap kebiasaannya menggigit kuku itu masalah besar baginya. Saya tahun 2014 ini sudah menemui 4 klien yang merasa masalah saat menggigit kuku. Teringat,saya kedatangan seorang klien yang mengeluh karena susah menghentikan kebiasaan menggigit kukunya, kebetulan klien saya ini seorang yg berpengaruh di tempat kerjanya. Saya melihat jarinya itu aneh, kukunya sampai habis, dan terlihat daging jarinya. Hii..:)

akibat-menggigit-kuku

Dan, kebiasaan ini sering muncul saat orang ini memimpin anak buahnya tentu ini yang membuat orang ini merasa malu, karena didepan anak buanya sering tanpa sadari tiba-tiba menggigit kuku.

Dalam setiap sesi konseling, saya selalu mengajak ngobrol klien untuk mengetahui secara pasti apa yang mengakibatkan dia melakukan sesuatu yang dianggap tidak nyaman. Dengan mengetahui penyebab utama ini, maka saya selalu memunculkan kesadaran untuk setiap klien melakukan perubahan sendiri dalam pikirannya.

Seperti saya katakan diawal, bahwa menggigit kuku adalah sebuah perilaku yang terjadi karena ada masalah, mengapa masalah?sebab hampir klien saya yang mengalami masalah ini, selalu mengatakan bahwa dengan menggigit kuku menimbulkan rasa nyaman. Kalau rasa nyaman, maka itu artinya menggigit kuku merupakan pelarian dari sebuah kondisi yang tidak nyaman, benar kan?

bahaya-menggigit-kuku

Sama seperti kasus klien yang saya bahas diatas, akhirnya saya menemukan penyebab masalahnya, yaitu saat masih kecil usia 10 tahun, sering dimarahi bapaknya, lalu sembunyi di kamar, dibawah tempat tidur, dan untuk menutup mulutnya dari suara, maka digigitlah jarinya, lalu mulai deh menggigit kukunya, dan perilaku ini menimbulkan rasa nyaman.

Karena rasa nyaman itulah maka muncul sebuah kecanduan yang tertanam di pikiran bawah sadar orang ini, kalau dia sedang dalam kondisi yang tegang, kondisi stres maka pelarian untuk membuat nyaman adalah dengan menggigit jari. Dan itu menjadi kebiasaan. Nah program dalam pikiran inilah yang harus dimodifikasi.

Kalau anda mengalami masalah sama seperti ini, solusinya ada dua hal yaitu, yang pertama,munculkan kesadaran dalam diri anda, bahwa ada cara lain untuk mendapatkan rasa nyaman, selain menggigit jari. Bisa dengan minum air putih, bisa dengan menggenggam tangan dan masih banyak lainya.

Yang kedua, sadarilah bahwa melakukan kebiasaan menggigit jari adalah kebiasaan yang merugikan anda, sadari ini kalau anda mau mengubah kebiasaan itu. Coba anda ingat, berapa hal negatif yang anda rasakan selama sering melakukan kebiasaan menggigit jari itu, apakah menggigit jari itu menguntungkan? atau merugikan?

Ketika dua kesadaran itu anda munculkan maka saat itulah anda muai bisa memgatur waktu yang pas untuk untuk menggigit kuku anda, coba deh..bukankah anda terlihat lebih hebat saat anda berhenti untuk menggigit jari?

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di hipnoterapi dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s