3 Langkah Mudah Mengatasi Sebuah Trauma Psikologis

bahagia-hidupTrauma seringkali banyak orang salah memahami, trauma seringkali diindetikkan dengan ketakutan dan sejenisnya, menurut definisi di kedokteran trauma dibagi atas tujuh bentuk, yaitu trauma,  trauma mekanik, trauma panas, trauma bahan kimia, trauma listrik, trauma radiasi, trauma biologis dan trauma emosi.

1. Trauma mekanik,Salah satu ciri yang paling khas dalam trauma mekanik adalah terjadinya fraktur tulang yang patah . Apabila seseorang mempertahankan dirinya terhadap suatu pukulan atau benturan , , kemungkinan besar os ulnaris nya akan patah. Tulang radius juga akan patah apabila seseorang yang jatuh, menopang badan hanya dengan salah satu tangannya saja. Dan, masih banyak lagi kejadian lain yang bisa menyebabkan fraktur tulang kita parah.

Jika kita melakukan goresan pada tangan dengan menggunakan kunci atau alat tajam lain secara cepat, maka rasa nyeri yang timbul pada tangan bukan hanya satu, namun dua jenis nyeri. Selama goresan berlangsung, terdapat nyeri ringan yang langsung dirasakan dan dapat dilokalisir secara rapat. Kemudian, selama kira-kira setengah menit, keaadaan akan tenang kembali. Setelah itu, akan menyusul suatu nyeri yang sangat berbeda, yaitu nyeri bakar yang terus menerus dan sangat mengganggu. Nyeri yang juga dapat ditemukan pada berbagai penyakit inilah yang sering disebut trauma mekanik.Setelah beberapa menit, pada bekas goresan tadi terlihat garis merah. Inilah yang dinamakan peradangan. Peradangan di sekitar  goresan ini akan terasa panas saat diraba. Setelah itu, akan terjadi pembengkakan yang pucat di tangan tempat goresan tersebut.

2. Trauma panas,Trauma panas dapat terjadi karena adanya jaringan yang terbakar secara langsung atau membeku, akibat tekanan suhu yang terlalu dingin. Bisa juga secara berharap seluruh tubuh mendapatkan panas yang berlebihan atau karena dingin yang terlalu rendah\

3. Trauma Bahan kimia,Trauma bahan kimia dapat terjadi karena memakan racun, misalnya fosfor kucing yang terdapat dalam korek api zaman dahulu.

4. Trauma listrik,Trauma listrik ini merupakan bentuk syok akibat  tersengat bentuk syok akibat tersengatlistirik bertegangan tinggi. Trauma seperti ini bisa merusak jantung, otak, bahkan sering mengakibatkan kematian

5. Trauma Radiasi,Trauma radiasi dapat terjadi akibat hujan debu radioaktif yang berasal dari letusan bom. Bahkan, cahaya matahari pun dapat menyebabkan trauma (sunburn) ini.

6. Trauma Biologi,Trauma biologi dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, malaria, gigitan ular dan segala gangguan dari makhluk biologi lainnya.

7. Trauma emosi/psikologi, Trauma emosi biasanya disebabkan oleh teman sendiri atau sesama manusia

Yang sering berkaitan dengan profesi saya sebagai pakar pikiran, tentunya adalah trauma psikologis/emosi. trauma ini diakibatkan oleh sesuatu peristiwa dimasa lalu seseorang yang membuat seseorang itu merasa tidak nyaman untuk melanjutkan hidupnya ke masa berikutnya. Seperti kemarin, saya ada seorang klien, seorang ibu usia 50an, yang menjadi susah tidur, uring-uringan dan malas melakukan aktivitas, anaknya membawa ke tempat saya, ternyata ibu ini mengalami pengalaman “buruk” sekitar 3 bulan yang lalu. Yaitu “menggrebek” suaminya sedang selingkuh. Nah, sejak itulah ibu ini merasa trauma, sedih dan sakit.

Hal ini sangat wajar dialami sebab pengalaman masa lalu itu yang secara keilmuan memang tidak bisa dihapus atau dilupakan. Lalu bagaimana cara mudah untuk mengatasi trauma psikologis itu. Berikut saya berikan tiga langkah mudah untuk anda lakukan ya.

Pertama, Sadarilah bahwa peristiwa masa lalu itu merupakan bagian dari kebaikan Tuhan terhadap hidup kita, Tuhan sudah memberikan situasi itu untuk menjadi ilmu, menjadi sumber hikmah dalam hidup kita. Karena semua yang terjadi dalam hidup seseorang atas keinginannya sendiri.

Kedua, Sadarilah bahwa peristiwa itu terjadi di masa lalu, masa lalu adalah masa yang ada dibelakang kita. Masa lalu adalah beban yang harus diletakkan di masa lalu, bukan untuk dibawa terus. Jadi letakkan sesuai dengan makna sebenarnya, yaitu di masa lalu. Maka jadikan peristiwa memang terletak di belakang anda.

Ketiga, Sadarilah hidup anda harus terus berjalan, anda tidak berhenti dititik kejadian itu, hidup seseorang terus berlanjut, waktu terus berputas, kehidupan terus berjalan. Daripada memikirkan situasi yang ada di masa lalu, maka bukannya lebih nyaman memikirkan yang baik dan indah di masa depan.

Dampak trauma psikologi bisa menjadi sebuah “situasi berat” kalau seseorang itu tidak mau menyadari dirinya sepenuhnya. Tapi, kalau anda mau melakukan tiga langkah tadi, maka anda bisa lihat trauma anda perlahan pasti berubah menjadi sebuah keindahan.

:Firman Pratama:

Tentang firmanpratama

Praktisi dalam hal pikiran bawah sadar, dan penemu metode Alpha Mind Control sekaligus Alpha Telepati. Dalam hal melakukan transformasi diri kepada klien, dilakukan dalam suasana santai dan penuh canda sehingga proses terapi tanpa disadari oleh klien.
Pos ini dipublikasikan di hipnoterapi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s